6 Desain Arsitekrur Tercanggih Dan Ramah Lingkungan di Masa Depan

Baca juga:

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Tak salah memang, melihat peran teknologi yang besar tersebut akan membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Namun satu yang pasti jika teknologi tidak di manfaatkan dengan baik, bukan tak mungkin teknologi tersebut akan menjadi biang bencana yang akan terjadi di masa depan.

Dan jika teknologi dimanfaatkan dengan baik, bukan tak mungkin juga akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat seperti deretan desain super canggih dan rencananya akan segera dibangun di masa depan. Dengan konsep yang ramah lingkungan serta dipadukan dengan teknologi masa kini, diprediksi desain arsitektur berikut ini akan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Apalagi dengan konsep hijau memungkinkan kita tidak akan kehilangan sumber energi alami yang selama ini menjadi kebutuhan manusia. So seperti apa dan bagaimana ceritanya, Yuk simak!. Enam desain Arsitektur paling canggih dan super keren di masa depan :

Shanty Mega-Structure - Desain Rusun Terbaik Ramah Lingkungan

Shanty Mega Structure
Desain arsitektur pertama yang bisa dibilang sangat keren dan megah datang dari seorang seniman Asal Nigeria bernama Olalekan Jeyifous. Melalui idenya ia menawarkan konsep arsitektur yang sungguh sangat hebat kepada pemerintah. 

Diketahui sang seniman telah merancang kawasan hunian terbaik bagi warga kelas menengah kebawah di kota Lagos. Seperti diketahui jika sebagian besar warga Nigeria adalah warga tak mampu, jadi dengan alasan itulah ia mengharapkan warga yang tidak mampu tersebut dapat merasakan hunian kelas atas sama dengan orang kaya lainnya.

Dari cetak biru yang telah dibuat, pemukiman dibangun bertingkat layaknya rumah susun, dilengkapi dengan panel-panel surya sebagai sumber energi. Hebat lah. Apalagi dalam desain diselipkan kebun gantung yang melingkar di sekitar hunian yang bisa dimanfaatkan warga tak mampu untuk menanam sayur, buah-buahan dan tanaman obat. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bukan.

Sementara itu pengakuan sang pembuat yang merancang Shanty Mega-Structure mengatakan jika ia ingin pembangunan dimasa depan tidak meninggalkan apalagi melupakan warga tak mampu. Dengan keinginannya semua warga dari semua kalangan bisa menikmati hunian berkelas yang akan dibangun dimasa depan.

Factory on the Earth - Desain Arsitektur Pabrik Terbaik Ramah Lingkungan

Factory on the Earth
Factory on the Earth adalah sebuah desain arsitektur yang dirancang oleh Ryuichi Ashizawa Architect yang telah memenangkan penghargaan bergengsi Building of the Year karena konsep ramah lingkungan yang dibuatnya untuk sebuah pabrik industri. Dari penjelasannya dikatakan jika konsep pabrik modern mereka ingin menghubungkan langsung are pabrik dengan alam sekitar.

Adapun, proyek super megah ini akan terealisasikan di Malaysia, dimana ada sebuah pabrik yang akan mengalami perubahan besar-besaran tepatnya pabrik tua di Johor Baru Malaysia. Dalam pengkajiannya untuk mewujudkan area pabrik yang ramah lingkungan dijelaskan jika tanah berikut hutan disekitarnya akan direklamasi. 

Gedung akan dibangun dibawah tanah yang memungkinkan atap bangunan akan dihiasi beragam tumbuhan. Dan juga produksi karbon akan ditekan ke batas minimal dengan memanfaatkan air hujan, sinar matahari, angin dan panas bumi.

Rosemont Five Star Hotel & Residences - Desain Hotel Paling Ramah Lingkungan

Rosemont Five Star Hotel & Residence
Bukan Dubai namanya jika tidak membuat seuatu yang sangat luar biasa. Baru-baru ini kota Dubai akan segera mewujudkan desain Rosemont Five Star Hotel & Residences menjadi sebuah kenyataan. Rosemont Five Star Hotel & Residences merupakan sebuah konsep arsitektur yang paling canggih dengan 47 lantai dan di rancang oleh ZAS Architecture dan dikelola oleh jaringan Hotel Hilton Worldwide.


Kelebihan dari hotel yang satu ini adalah adanya hutan hujan di dalamnya, menjadikan hotel Rosemont Five Star Hotel & Residences nantinya akan menjadi ramah lingkungan. Apalagi di dalam hotel akan ada banyak spesies fauna yang sangat menyegarkan.

Layaknya hotel bintang lima pada umumnya, Rosemont Five Star Hotel & Residences juga dilengkapi berbagai fasilitas canggih, antara lain spa, pusat kesehatan, ruang pertemuan, restoran berbintang, bioskop eksklusif, tempat bowling, dan taman trampolin. Tak ketinggalan sebuah pantai buatan dan sky pool yang memungkinkan tamu hotel berenang sambil menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Songjiang Hotel Desain Hotel di Dalam Lubang Bekas Galian Tambang

Songjiang Hotel
Salah satu kekurangan dan menjadi dampak buruk adanya pertambangan adalah peninggalannya yang kerap menjadi sumber bencana. Yah, sudah banyak lubang borok bumi yang telah dibuat oleh manusia untuk mengeruk isi bumi di bagian paling dalam. 

Namun tenang kawan, kini sebuah inovasi nyatanya akan menjadi sebuah solusi. Adalah Songjiang Hotel yang merupakan desain hotel di masa depan yang konon katanya akan dibangun di dalam lubang bekas galian tambang.

Songjiang Hotel sendiri dirancang oleh Atkins Design, konsep tersebut menawarkan revitalisasi lubang galian tambang yang terbengkalai untuk di sulap menjadi sebuah hotel kelas atas. Adapun lubang bekas galian yang akan dirubah menjadi hotel tersebut adalah bekas tambang di Songjiang, dekat Shanghai China.

Songjiang Hotel akan dibangun di salah satu sisi tebing. Sementara lubang galian akan dialihfungsikan sebagai danau buatan. Bangunan hotel akan dilengkapi dengan sumber energi geothermal serta kamar dan restoran yang terletak di bawah permukaan air danau. 

Tebing yang curam juga bakal difungsikan sebagai pusat fasilitas olahraga ekstrem, antara lain panjat tebing dan bungee jumping.

Dynamic Tower Skyscraper Desain Gedung Berputar Terbaik

Dynamic Skyscraper
Adalah David Fischer seorang desain asal Italia yang menjadi pelopor dari canggihnya desain arsitektur bernama Dynamic Tower Skyscraper. Dynamic Tower Skyscraper sendiri merupakan sebuah gedung dengan teknologi canggih didalamnya. 

Gedung ini memiliki 80 lantai yang masing-masing katanya bisa berputar hingga 360 derajat. Dengan visi sang desain yang ini mewujudkan sebuah ruangan dimana penghuni bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam dari satu tempat saja (sama). Hebat bukan!

Dragonfly Desanin Arsitektur Pertanian Tercanggih di Masa Depan

Pertanian Canggih Dragonfly 
Tak bisa dipungkiri jika dimasa depan pertanian akan menjadi langka, dan lahan pertanian akan semakin menipis. Banyaknya orang yang lebih memilih hijrah dan mengadu nasib di kota daripada meneruskan jejak nenek moyang untuk menjadi seorang petani. Karena itulah sebuah ide brilian datang dari seorang arsitek bernama Vincant vallebaut.

Melalui ide besarnya, ia ingin mencoba mewujudkan konsep sistem pertanian canggih dan hemat lahan di tengan kota besar seperti New York yang bernama Dragonfly. Konsep tersebut rencananya akan dibangun melalui ladang metabolik yang dibangun secara vertikal.

Dinamakan Dragonfly karena ladang dan kebun di dalam gedung kaca sekilas tampak seperti sayap capung. Dengan keberadaan Dragonfly, kota bisa memenuhi kebutuhan bahan makanan segar secara mandiri. Buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian, daging, dan susu akan diproduksi di 132 lantai Dragonfly. Sementara kebutuhan sumber energi keseluruhan struktur akan dipenuhi oleh tenaga surya dan angin. (anakregular.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.