6 Sepatu Berbalut Teknologi Tercanggih di Dunia

Loading...
Setiap orang menggunakan sepatu untuk segala keperluan sehari hari, ada yang dipakai untuk sekedar bersantai dan juga adayang dipakai untuk pergi ke kantor maupun ke sekolah. Menurut Wikipedia pengertian Sepatu adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit.

Ada berbagai macam jenis sepatu di dunia, namun apakah kalian mengetahui ada beberapa sepatu yang ternyata sangat canggih ? Sepatu-sepatu canggih ini ada yang bisa menjadi sebagai powerbank ada juga ada yang bisa mengubah corak atau disain dari sepatu tersebut, cukup canggih bukan. Mau tau apa sajakah sepatu canggih yang berbalut teknologi ini, berikut informasinya...

1. Shiftwear HD eInk-powered shoes - Desain sepatu dengan sesuka hati anda

Sepatu yang bisa mendisain sendiri sesuka hati anda
Shiftwear, sebuah startup yang mengkhususkan diri pada alas kaki berbasis teknologi telah merancang sebuah sepatu yang bisa berubah model setiap waktu. Kedua sisi sepatu berfungsi seperti layar yang pola gambarnya bisa diubah setiap waktu. Dilansir Bored Panda, desain sepatu bisa diatur lewat aplikasi mobile atau komputer personal.


Tak cukup sampai di situ, sepatu ini juga tak perlu di-charge karena bisa mengisi ulang tenaga secara otomatis. Seluruh permukaannya tahan air, sementara solnya tahan peluru. Pasalnya, bagian sol dibuat dari serat kevlar yang biasa digunakan pada rompi anti peluru.

2.Nike HyperAdapt 1.0 - Talinya bisa terikat secara otomatis

Sepatu yang bisa mengikat tali sepatunya sendiri
Pada tanggal 28 November 2016 nanti, Nike akan meluncurkan sepatu HyperAdapt 1.0 yang talinya bisa terikat secara otomatis. Sepatu tersebut terinspirasi dari sneaker masa depan dalam film lawas Back To The Future. Untuk mengikat talinya, kita hanya perlu memasukkan kaki ke dalam sepatu dan menekan tombol plus-minus untuk menyesuaikan ukuran sepatu dengan kaki.


Dilansir Wired, sepatu ini memerlukan tenaga listrik yang bisa diisi ulang selama 3 jam. Tenaga dari 1 kali charging bisa bertahan hingga 2 minggu. Jika tenaga sudah mendekati titik minimum, lampu kecil di bagian bawah sepatu akan menyala sebagai bentuk notifikasi.

Sepatu ini tak hanya praktis dikenakan, namun juga bisa menolong para penyandang disabilitas untuk mengenakan alas kaki tanpa bantuan orang lain.

3.InStep Nanopower Shoes - Powerbank berjalan

Sepatu yang dibekali dengan teknologi powerbank
InStep Nanopower Shoes tak ubahnya power bank dalam bentuk alas kaki. Sepatu unik ini bisa menghasilkan tenaga listrik jika dipakai berjalan. Energi listrik yang dihasilkan bisa digunakan untuk mengisi ulang berbagai gadget, misalnya smartphone dan iPod.


Dilansir Trend Hunter, InStep Nanopower Shoes merupakan rancangan dua ilmuwan gaek, Tom Krupkin dan J. Ashley Taylor dari UW-Madison. Keduanya menggunakan teknologi electrowetting terbalik. Sejenis logam cair disimpan di dalam kantong yang tertanam di tumit dan sol sepatu. Saat dipakai, tumit akan membuat logam cair tersebut bergesekan dan menghasilkan arus listrik sekitar 10 sampai 20 watt. Selanjutnya, listrik akan tersimpan dalam baterai di tengah sepatu yang bisa ditransfer ke gadget lain.

4.Adidas Megalizer - Memproduksi musik saat berjalan

Sepatu yang cocok untuk para DJ dan komposioner
Dilansir Trend Hunter, Adidas mengklaim sepatu ini cocok untuk para breaker, DJ, dan musisi. Pasalnya, sepatu berteknologi tinggi ini memang dilengkapi dengan perangkat lunak yang bisa menghasilkan melodi saat dibawa untuk berjalan.


Adidas bekerjasama dengan programmer andal asal Prancis, Didier Brun untuk mendesain sneaker Adidas Megalizer. Setiap sepatu disisipi sensor dan pemancar nirkabel yang berfungsi untuk menangkap tekanan pada sensor. Kemudian, si pemakai bisa mengontrol bunyi yang dihasilkan dengan interface.

5.Nike+ - Plus software untuk menyimpan dan menganalisis data dari para atlet

Sepatu yang bisa menyimpan dan menganalisis data para atlet
Kalau Adidas Megalizer cocok untuk para musisi, Nike mendesain sepatu-sepatu Nike+ khusus untuk para atlet dan mereka yang menggilai olahraga. Sepatu Nike+ Basketball dan Nike+ Training dilengkapi dengan software khusus yang akan merekam setiap data fisik pemain, mulai dari akselerasi kecepatan, jumlah langkah per detik, hingga tenaga tekanan yang dikeluarkan.


Sepatu-sepatu Nike+ disisipi sensor di bagian ibu jari, tumit, dan bagian-bagian lain yang akan merekam setiap gerakan pemakai. Data yang terkumpul kemudian dikirim ke smartphone melalui Bluetooth. Setelah itu, data yang ada akan dianalisis dan dioalh menjadi grafik Nike's Fuel.

6.Etsy Neon Converse - Sepatu yang dapat menyala dengan teknologi electroluminescent

Sepatu yang dapat menyala
Converse merupakan model sepatu klasik yang selalu menjadi pilihan para pecinta fashion casual dari masa ke masa. Namun, sepatu dengan model standar ini juga bisa tampil eye-catchy dengan konsep glow in the dark.

Dilansir Trend Hunter, Etsy telah mendesain sepatu Converse dengan teknologi electroluminescent. Sepatu ini bisa menyala dalam gelap bagaikan lampu pesta dan aman untuk digunakan setiap hari.

Setiap pasang sepatu bertenaga baterai yang bisa diisi ulang. Warna lampu bisa disesuaikan dengan permintaan masing-masing pelanggan, sebab Etsy memproduksi sepatu-sepatu ini dengan tangan.
(merdeka.com/wikipedia/berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.