7 Jenis Yoga Paling Aneh di Dunia

Baca juga:

Bila kita berurusan dengan rutinitas yang membuat kehidupan sehari-hari kita stress pasti kita akan membutuhkan suatu ketenangan maka tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif releksasi yaitu menyambangi kelas yoga. Menurut Alo Dokter Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik pelakunya. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga.

Bagaimana dengan kelas yoga yang mempunyai tema yang unik dan tidak biasa, ada sekitar 6 jenis yoga yang terbilang unik dan tidak biasa, mau tau apa sajakah jenis yoga unik ini, berikut informasinya yang berhasil dikutip melalui laman Merdeka.com

1. Naked yoga

Naked Yoga
Bagi masyarakat modern, naked yoga atau nude yoga yang mulai populer di kalangan pecinta olahraga relaksasi ini mungkin terdengar mengada-ada atau bahkan cabul. Namun sebenarnya mempraktikkan teknik relaksasi ala yoga tanpa sehelai benang pun menempel pada tubuh sudah ada sejak zaman dahulu.

Yoga dalam keadaan telanjang sudah dipraktikkan oleh para filsuf dan yogi India sejak berabad-abad lalu. Di India, variasi yoga ini disebut nagna yoga atau vivastra yoga. Yoga dengan tubuh telanjang dianggap bisa membantu yogi untuk menyatu dengan alam lebih baik. Karena itulah, di zaman dulu naked yoga biasa dilakukan di alam terbuka.

Saat ini, kepopuleran naked yoga kembali menanjak. Semakin banyak selebriti dan kaum nudis yang menjajal jenis yoga ini.

2. Rage yoga

Rage Yoga
Kalau kelas yoga seharusnya memberikan ketenangan dan menyingkirkan amarah, rage yoga justru mengajak para yogi untuk menyalurkan frustrasi.

Dilansir Entertainment Ireland, kelas rage yoga tidak diadakan di studio yoga. Setiap sesi berlangsung di sebuah pub yang ada di Calgary, Alberta, Kanada. Yoga aneh ini juga disertai ritual menenggak bir di tengah-tengah sesi. Salam penutup yang diucapkan para peserta kelas yoga pun berbeda. Alih-alih mengucapkan 'namaste', para yogi akan meneriakkan kata 'f*ck yeah!'.

Lindsay Istace, perintis sekaligus instruktur mengatakan kalau tujuan sesi yoga yang dia adakan adalah bersenang-senang. Dia ingin membuka kelas yoga yang berbeda agar para yogi pemula tidak merasa terintimidasi. Sebab Istace sendiri mengaku kalau dia kesulitan mengikuti kelas yoga konvensional yang serius.

3. Cannabis yoga

Kelas Cannabis Yoga
Sesi yoga yang satu ini melibatkan cannabis atau ganja. Tujuannya adalah mencapai level kesadaran yang lebih tinggi dengan bantuan ganja. Berabad-abad lalu, tumbuhan bersifat hallucinogen seperti ayahuasca, iboga, kecubung, dan ganja merupakan herbal penting untuk ritual penyatuan diri dengan alam. 'Khasiat' tumbuhan tersebut dapat membantu seseorang mencapai level meditasi tertinggi.

Sejak maraknya legalisasi ganja di beberapa negara belakangan ini, penggunaan herbal yang tergolong narkoba tersebut semakin luas. Tak hanya dicampurkan dalam makanan atau disajikan di kafe khusus, kini ada pula kelas yoga yang melibatkan penggunaan ganja.

Dilansir New York Times, sekarang ada kelas cannabis yoga di 4:20 Remedy Yoga. Dalam setiap sesi cannabis yoga di sana, para yogi bisa menjajal relaksasi sambil menghirup ganja. Tentunya ganja yang digunakan merupakan produk legal untuk kebutuhan rekreasional terbatas.


4. Horseback yoga

Seorang wanita sedang melakukan horseback yoga
Kelas yoga yang satu ini bertujuan untuk menciptakan keselarasan mental dan fisik antara manusia dan kuda yang mereka tunggangi. Biasanya setiap sesi dimulai dengan mempraktikkan teknik-teknik pernapasan. Setelah peregangan untuk yogi dan sang kuda, barulah yogi naik ke atas punggung kuda dan mencoba mempraktikkan pose-pose yoga. Tentunya dibutuhkan keseimbangan dan kerjasama yang baik antara yogi dan sang kuda. Jika tidak, sang kuda bisa panik dan menjatuhkan yogi.

Dilansir Boston.com, horseback yoga ditawarkan oleh Campbell Equine. Setiap kelas diadakan di lahan pertanian Sky High, Leverett. Kelas yoga ini cukup populer karena menyuguhkan pengalaman sensorik yang berbeda daripada biasanya.

5. Karaoke yoga

Para anggota di dalam kelas Karaoke Yoga
Kalau ruangan untuk kelas yoga biasanya cenderung lengang dan hanya dihiasi deretan matras yang berjajar, kelas yoga yang satu ini justru semarak, dengan DJ, televisi layar lebar, dan lampu warna-warni. Maklum, ini adalah kelas karaoke yoga.

Selain berusaha mencapai harmonisasi tubuh dan pikiran dengan teknik pernapasan, di sini para yogi juga diajak untuk bersenang-senang dengan karaoke. Dilansir LAist, menyanyikan lagu-lagu Elton John dan The Beatles merupakan salah satu ritual yang paling sering ada dalam setiap sesi karaoke yoga. Tak jarang bagian ini membuat para peserta tertawa bahagia atau menangis karena larut dalam suasana.

6. Goat yoga

Beberapa anggota yang sedang melakukan Goat Yoga
Seperti rage yoga dan karaoke yoga yang tujuannya sekadar untuk bersenang-senang, goat yoga juga menawarkan pengalaman relaksasi yang sama. Alih-alih relaksasi mendalam lewat pose-pose yoga yang rumit, yoga bersama kambing ini bermaksud mengajak para yogi mendapatkan ketenangan lewat perpaduan yoga, udara sejuk, alam bebas, dan kambing-kambing yang lucu.

Dilansir Oddity Central,Goat yoga diadakan di peternakan No Regrets Farm milik Lainey Morse. Lainey yang mantan fotografer memutuskan untuk menyulap peternakannya menjadi lahan sewaan untuk pesta dan baru-baru ini kelas yoga outdoor. Rupanya sesi yoga bersama kambing-kambing yang mengembik justru populer di antara wargaWillamette Valley, Oregon. (huffingtonpost.com/merdeka.com/wikipedia/berbagai sumber/google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.