7 Keunggulan Singkong (Ketela Pohon)

Loading...
Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.


Singkong juga dapat dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan. Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, cocok untuk pengidap alergi gluten.

Berikut manfaat singkong bagi kesehatan

1. Sumber Serat

Singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Hal itu membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes. manfaat singkong ini didapatkan dengan cara kukus atau rebus.

2. Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kentang. Jadi tidak salah bila singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Di dalam 100 gram singkong, terkandung 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Protein Tinggi

Singkong lebih rendah lemak bila dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Namun, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan kentang dan pisang.


4. Vitamin K

Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Vitamin K juga dapat melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Vitamin B kompleks

Tanaman yang satu ini juga merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti riboflavin, folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6) dan asam pantotenat. Riboflavin dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

6. Mineral penting

Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang dilansir Affleap manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Melancarkan pencernaan

Kandungan Insoluble Fiber atau Serat pada singkong tidak larut dalam Air. Serat jenis ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat.

Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi
  1. Kalori 121 kal
  2. Air 62,50 gram
  3. Fosfor 40,00 gram
  4. Karbohidrat 34,00 gram
  5. Kalsium 33,00 miligram
  6. Vitamin C 30,00 miligram
  7. Protein 1,20 gram
  8. Besi 0,70 miligram
  9. Lemak 0,30 gram
  10. Vitamin B1 0,01 miligram

Resiko kesehatan pada singkong

Singkong mengandung akar alami yang beracun cyanogenic, senyawa glikosida linamarin dan metil linamarin. Oleh karena itu, konsumsi singkong mentah dapat mengalami keracunan sianida dengan gejala muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan kematian. Secara umum, kandungan sianida jauh lebih tinggi di bagian kulit luarnya. Mengupas singkong akan mengurangi kandungan sianida termasuk pengeringan dengan sinar matahari dan perendaman. Kemudian dilanjutkan dengan mendidihkan singkong dengan air garam cuka. Penguapan senyawa ini akan membuat singkong aman untuk dikonsumsi manusia.

Sumber : arrahmah.com/wikipedia.com (azmuttaqin/google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.