7 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Bisa Bikin Jantungan !!

Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Ini dilakukan oleh seorang pelukis; dengan kedalaman warna dan cita rasa pelukis, definisi ini digunakan terutama jika ia merupakan pencipta suatu karya lukisan.

Para seniman menciptakan suatu lukisan berdasarkan imajinasi dan curahan hati si pelukis agar hasil karyanya tersebut memiliki nilai seni yang tinggi. Lukisan dengan nilai seni yang tinggi bisa memiliki harga jual yang sangat mahal, seperti lukisan-lukisan termahal di dunia berikut ini.

7. Boy with a Pipe – Pablo Picasso


US$ 104,2 juta / Rp 1,2 triliun
Lukisan ini juga diselesaikan oleh Pablo Picasso pada tahun 1905. Lukisan ini menggambarkan pria Perancis dengan pakaian berwarna biru dengan bunga di atas kepalanya. Di tangan kirinya, pria ini terlihat sedang memegang pipa. Pada bulan Mei 2004, lelang yang dilakukan oleh Sotheby New York membuat gebrakan besar di dunia seni. Lukisan ini merupakan lukisan pertama yang terjual dengan harga di atas US$ 100 juta.

6. Nude, Green Leaves and Bust – Pablo Picasso


US$ 106,5 juta / Rp 1,23 triliun
Dalam bahasa Perancis, lukisan tahun 1932 karya Pablo Picasso ini dikenal dengan sebutanNu au Plateau de Sculpteur. Marie-Therese Walter, seorang wanita yang mengilhaminya untuk menciptakan lukisan ini. Lukisan ini merupakan bagian dari koleksi pribadi di Tate Britain di London.

5. The Scream – Edvard Munch


US$ 120 juta / Rp 1,4 triliun
Lukisan ini merupakan versi keempat yang diciptakan oleh Edvard Munich.Lukisan tersebut dibuat dengan menggunakan minyak, tempera dan pastel.Edvard menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1895 dan merupakan karyanya yang dibilang sangat mahal. Lukisan ini dijual pada Sotheby’s Impressionist dan Modern Art Auction pada tahun 2012 dan dibeli oleh Leon Black.


4. Portrait of Adele Bloch-Bauer – Gustav Klimt


US$ 135 juta / Rp 1,56 triliun
Gustav Klimt menyelesaikan lukisan ini pada tahun 1907 dengan kanvas berukuran 54 x 54 inci dan menggunakan minyak, emas dan perak. Akuisisi terbaru dari lukisan ini dibuat oleh Ronald Lauder pada tahun 2006 dan ditampilkan di galeri nya, Neue Galerie di New York City. Lukisan ini dibuat pada saat Klimt sedang berada di Wina. Ferdinand Bloch-Bauer, yang merupakan seorang tokoh industri gula, menugaskan Klimt untuk melukis istrinya, Adel Bloch-Bauer.

3. Woman III – Willem De Kooning


US$ 137,5 juta / Rp 1,6 triliun
Lukisan tahun 1953 ini merupakan karya Willem De Kooning. Sebenarnya lukisan ini merupakan bagian dari serangkaian yang melibatkan enam lukisan berbeda. Lukisan ini bergaya abstrak ekspresionis dari Klooning dan memiliki ukuran 68 x 48,5 inci. Pada tahun 2000, lukisan karya Willem ini dijual oleh David Geffen kepada seorang miliarder, Steven A. Cohen.

2. No. 5 – Jackson Pollock



US$ 140 juta / Rp 1,62 triliun 
Jackson Pollock adalah seorang pelukis asal Amerika yang menjadi sangat populer karena kontribusinya di bidang abstrak impresionisme. Lukisan ini ditandai dengan cokelat tebal dan cat kuning. Menurut para ahli seni, lukisan ini adalah representasi abstrak dari sebuah sarang. Pada awalnya lukisan ini ditampilkan di Museum of Modern Art dan dimiliki oleh Samuel Irving Newhouse. Pada akhirnya dia menjual lukisan ini kepada David Geffen.

1. The Card Player – Paul Cezanne


US$ 254 juta / Rp 2,95 triliun
Lukisan termahal di dunia ini diciptakan oleh pelukis asal Perancis bernama Paul Cezanne. Alasan kenapa lukisan ini dijual dengan harga yang sangat mahal karena detail halus dan intensitas warna yang bagus. Lukisan ini merupakan lukisan terakhir dari 5 lukisan Cezanne yang sedang menggambarkan seorang pemain kartu. Pada tahun 2011, keluarga kerajaan Qatar membeli lukisan ini dalam sebuah lelang.

Sumber : Berjambang, Wikimedia, Wikipedia (Google Images)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.