7 Minuman Ini Ternyata Sangat Berbahaya Jika Ditelan Bersamaan Dengan Obat

Baca juga:

Obat adalah benda atau zat yang dapat digunakan untuk merawat penyakit, membebaskan gejala, atau mengubah proses kimia dalam tubuh. Obat ialah suatu bahan atau paduan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangkan, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan dan untuk memperelok atau memperindah badan atau bagian badan manusia termasuk obat tradisional.

Illustrasi Minum Obat
Namun pernahkah kalian menyadari bahwa meminum obat dengan beberapa minuman seperti susu sangatlah berbahaya. Pasti diantara kita bahkan semuanya meminum obat adalah kewajiban untuk sembuh dan hal yang paling tidak mengenakan ialah rasa dari obat tersebut yang amat sangat pahit. Untuk mengantisipasi rasa pahitnya ini, banyak di antara kita yang minum obat dengan minuman berasa. Padahal, menurut beberapa penelitian  ada minuman yang tidak boleh diminum bersama dengan obat lho. Minuman apa sajakah yang berbahaya ketika sedang meminum atau menelan obat, berikut informasinya....

1. Produk Susu

Meski susu minuman yang menyehatkan, namun jenis ini berbahaya jika dikonsumsi bersama dengan obat. Susu mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, protein, lemak dan fosfor. Namun zat ini juga yang dapat menghambat penyerapan obat yang anda minum. Jadi, saat anda minum obat dengan susu, maka efek obat tersebut akan hilang karena sudah dinetralisir oleh susu.

2. Jus Buah Anggur

Jus buah anggur juga menjadi minuman yang berbahaya jika dikonsumsi bersama obat. Kandungan ini dapat mengurangi kinerja dari 50 persen obat termasuk statin dan obat untuk tekanan darah tinggi. Penelitian dari University of Western Ontario menemukan bahwa minum obat bersama buah anggur dapat memunculkan sejumlah senyawa organik yang merupakan turunan furanokumarin dapat mengganggu hati dan menyerap enzim sitokrom P450 isoform CYP3A4 di dinding usus kecil.

3. Jus Delima

Jus delima mengandung enzim yang dapat memecah resep obat tekanan darah. Kandungan jus ini juga dapat memperlambat kerja hati dalam memecah pengencer darah dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan kerja obat tidak efektif. Sebaiknya tidak menggunakan jus ini untuk minum obat karena berbahaya bagi organ hati.


4. Kafein

Minuman mengandung kafein sangat berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan stimulan. Kafein bisa meningkatkan resiko overdosis pada obat-obatan yang mengandung antibiotik. Zat tanin yang terkandung dalam kafein dapat menghambat penyebaran obat ke seluruh bagian tubuh karena zat tersebut bisa mengikat senyawa aktif dalam obat yang anda minum.

5. Minuman Isotonik

Kalium dalam minuman ini dapat berbahaya bila digabungkan dengan obat untuk penyakit gagal jantung atau obat-obatan hipertensi. Hindari pisang juga, karena pisang juga sangat kaya akan kalium.

6. Wine

Meneguk segelas anggur saat minum obat antidepresan bisa menyebabkan hipertensi, sakit kepala, detak jantung cepat dan stroke. Hal ini juga berlaku pada minuman berenergi.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung sedikit vitamin K yang dapat mengurangi efek dari obat-obatan seperti kumarin atau warfarin (mencegah pembekuan darah).(islampos/infoyunik/wikipedia/google images)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.