7 Tradisi Unik dan Ekstrim Dari Seluruh Dunia

Ada berbagai macam tradisi di dunia ini. Tradisi disuatu negara pasti mempunyai keunikannya tersendiri. Setiap daerah dan negara mempunyai tradisinya masing-masing yang berkaitan erat dengan nilai luhur mereka. Menurut Wikipedia Tradisi (Bahasa Latin: traditio, "diteruskan") atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama.

Nah bagaimana dengan tradisi yang terbilang unik dan ekstrim. Ribuan suku di dunia memiliki tradisi yang dilanggengkan secara turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Sebagian dari ritual itu mungkin kini terkesan aneh dan tak masuk akal. Mau tau apasajakah tradisi yang terbilang unik dan ekstrim, berikut informasinya..

1. Menari dengan semut peluru

Menari dengan semut peuru
Pemuda suku Amazon membuktikan kejantanan mereka dalam tradisi yang menyakitkan. Mereka harus memakai topi yang penuh dengan semut peluru dan menari sambil menahan gigitan yang menusuk selama setidaknya 10 menit.

2. 'Perburuan malam' di Bhutan

Illustrasi
Ritual 'perburuan malam' ini masih berlangsung di bagian Timur kerajaan Himalaya. Para pemuda yang hendak menikah umumnya masuk ke kamar gadis dan bermalam di sana. Jika tertangkap, mereka harus menikahi gadis itu atau bekerja di ladang ayahnya sebagai hukuman.

3. Mencampur abu orang meninggal dalam sup

Suku Yanomami
Suku Yanomami di Amerika Selatan punya tradisi membakar abu dan tulang orang yang meninggal dunia. Abu tersebut kemudian dicampur ke dalam sup. Pihak keluarga akan memakan sup itu dan percaya ritual tersebut membuat ruh mendiang tetap bersama dengan mereka selamanya.

4. Upacara potong gigi di Bali

Seorang wanita yang sedang dipotong giginya
Suku Bali di Indonesia melangsungkan upacara potong gigi sebelum menikah. Tradisi mengikis enam gigi bagian atas yang berbentuk taring itu merupakan simbol pengendalian sifat buruk seperti nafsu, keserakahan, kemarahan, dan kecemburuan.


5. Tradisi melempar bayi di India

Tradisi melempar bayi di India
Tradisi melempar bayi masih dipraktikkan di beberapa wilayah India sejak 500 tahun yang lalu. Cukup mengerikan melihat seorang pria melemparkan bayi ke udara dari ketinggian 15 meter dan orang-orang di bawah bersiap menangkap menggunakan kain.

6. Tradisi potong jari Suku Dani

Seorang pria yang jarinya telah dipotong
Masyarakat suku Dani, Papua, Indonesia, memotong jari sebagai wujud kesedihan ketika ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Buku jari yang dipotong lantas dikubur bersama dengan jenazah mendiang, namun saat ini pemerintah sudah memberikan larangan terhadap tradisi tersebut.

7. Festival Thaipusam di Malaysia

Festival Thaipusam
Festival ini dilakukan umat Hindu dengan melakukan perjalanan suci ke Gua Batu Malaysia. Mereka memakai banyak tindikan tubuh dan mendedikasikan ritual itu untuk Lord Murugan, Sang Dewa Perang.(sandk, senggang.republika.co.id, wikipedia, google images, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.