8 Makanan Serta Minuman Pemicu Migren

Loading...
Migrain adalah nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Penyakit ini lebih sering diidap wanita dibandingkan pria.

Dilansir melalui laman DW Indonesia, Rabu (09/09/16) yang mengatakan bahwa Sakit kepala bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang pada umumnya menyebabkan sakit kepala, namun ada juga makanan berbeda yang memicu migren pada individu tertentu. Berikut 8 Makanan Serta Minuman Pemicu Migren

1. Alkohol


Wine, khususnya wine merah, dianggap sebagai salah satu pemicu migren. Menurut para peneliti Brasil, penderita migren mengatakan alkohol berperan dalam 30% serangan sakit kepala. Para pakar menduga ini karena kadungan tannin dan flavonoid dalam wine.

2. Kafein


Jika Anda sering migren, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kopi dan soda. Menurut jurnal ilmiah tahun 2009, kafein bereaksi dengan reseptor pada otak yang menyebabkan migren. Batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein.

3.Daging Olahan

Hot dog, sosis, dan makanan dengan daging olahan lainnya bisa menyebabkan migren. Ini karena daging olahan mengandung bahan pengawet sodium nitrat dan peneliti menduga zat ini bisa menyebabkan perubahan dalam proses kimia otak dan memicu sakit kepala.

4. Monosodium Glutamat (MSG)


Dampak buruk MSG bagi kesehatan, khususnya bagi obesitas sudah diketahui sejak lama. Dan ternyata MSG juga menyebabkan sakit kepala. Hasil studi di tahun 2008 menunjukkan 2,5% kasus migren dipicu oleh MSG.

5. Buah Sitrus


Para pakar belum sependapat akan hubungan sitrus dengan migren. Ada yang mengatakan buah sitrus bisa memicu sakit kepala pada individu tertentu, tetapi kasusnya jarang ditemukan.


6. Pemanis Buatan


Pakar kesehatan yakin pemanis buatan bisa menjadi pemicu migren. Louise Klebanoff MD, ahli neurologi mengatakan, "Pemanis buatan adalah hal pertama yang saya minta untuk tidak lagi dikonsumsi pasien penderita migren."

7. Kacang



Makanan ini masuk ke dalam kategori "belum diriset dengan benar, tetapi diamati dokter" akan kaitannya dengan migren. Menurut Dr. Klebanoff: "Jika setiap kali setelah makan kacang Anda menderita migren dalam kurun waktu empat hingga 12 jam kemudian, ada kemungkinan penyebabnya adalah kacang."

8. Cokelat


Sementara banyak yang menganggap cokelat sebagai pemicu migren, beberapa pakar kesehatan percaya rasa ingin makan cokelat justru muncul setelah serangan migren. Jadi cokelat bukan yang menyebabkan migren, melainkan sebaliknya.

Sumber : Deutsche Welle vlz/yf (everydayhealth, time)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.