Bau Mulut, Hilangkan Dengan 4 Cara Cepat Ini

Bau mulut adalah masalah umum yang dialami tiap orang dari segala usia. Meski begitu, masalah ini tidak lagi menjadi sesederhana yang dikira saat bau mulut membuat Anda menjadi tidak percaya diri ketika mengobrol bersama teman-teman atau bahkan dengan klien. Faktanya pada sekitar seperempat orang yang mengalami bau mulut, kondisi ini ternyata bersifat menetap.


Mendeteksi Penyebab Bau
Bau mulut  yang tidak sedap umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Umumnya aroma tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri. Kondisi ini disebut mulut kering atau xerostomia. Bau mulut karena menurunnya kadar air liur biasanya paling dirasakan pada saat-saat berikut ini:

  1. Saat merasa lapar atau sedang berpuasa. Air liur muncul ketika Anda sedang mengunyah makanan. Namun air liur menjadi berkurang ketika Anda tidak mengunyah dalam waktu lama. Akibatnya bakteri berkembang dan menyebabkan bau mulut.
  2. Di pagi hari. Produksi air liur berhenti saat Anda tidur. Berkurangnya air liur menyebabkan pertumbuhan bakteri.
  3. Saat Anda haus atau tidak minum, tubuh juga tidak memproduksi banyak air liur sehingga proses pembersihan bakteri akan berkurang.

Baiklah langsung saja berikut ini beberapa tips kesehatan tentang cara menghilangkan bau mulut yang dapat anda coba.

1. Menggosok gigi
Cara yang satu ini mungkin sudah banyak dikethaui orang. Anda tinggal menggosok gigi secara rutin agar bakteri mulut hilang dan nafas anda jadi segar. Sebaiknya lakukan 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam sebelum tidur. Jika diperlukan, setelah makan pun juga boleh menggosok gigi agar sisa makanan hilang.

2. Berkumur dengan moutwash (antiseptik)
Menggosok gigi saja sebenarnya belum cukup meskipun bisa menghilangkan bau mulut. Nah untuk menyempurnakannya anda dapat menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik, sehingga dapat lebih efektif dalam membunuh bakteri penyebab bau mulut.


3. Mengkonsumsi buah-buahan
Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air untuk mengatasi kekurangan air liur anda. Beberapa buah tersebut yakni pear, jambu, lemon, apel, dan sebagainya. Selain bermanfaat menghilangkan bau mulut, buah-buah tersebut juga dapat menjadi pembersih gigi alami karena mengandung banyak serat.

4. Minum teh hijau dan berkumur daun sirih.
Teh hijau bermanfaat menghilangkan bau mulut karena dalam teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Selain teh hijau, anda juga dapat menghilangkan bau mulut dengan cara berkumur air daun sirih, caranya yakni merebus beberapa helai daun sirih lalu saring airnya dan pakailah untuk berkumur.

Sumber : alodokter.com (berjambang/wikipedia/google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.