Beberapa Kopi Paling Ekstrem di Dunia

Baca juga:

Banyak berbagai macam jenis kopi yang ada di dunia. Apa kalian tahu? ternyata ada beberapa orang di belahan dunia yang menyukai kopi yang mungkin aneh bagi orang awam. Yuk simak saja, kopi apa saja yang menurut pecintanya nikmat tapi bagi orang awam sangat ekstrem?

Kopi Luwak

Ilustrasi Kopi Luwak
Kopi luwak adalah sebuah jenis kopi yang sudah terkenal di seluruh dunia dengan predikat kopi termahal di dunia. Itu tak berlebihan mengingat kopi luwak adalah kopi yang dipilih secara selektif oleh luwak yang hanya mau memakan biji kopi yang menurutnya terbaik. Luwak memiliki penciuman yang sangat tajam dan oleh karena itu biji kopi yang dikonsumsinya adalah biji kopi terpilih. 

Nah, biji kopi pilihan itulah yang dicerna dan dibantu enzim di dalam pencernaannya. Proses yang ajaib ini menghasilkan kopi luwak yang menurut para penikmat kopi memiliki cita rasa dan karakter yang kuat. Meskipun rasanya nikmat, kopi luwak tetaplah menjadi salah satu paling ekstrem karena melibatkan luwak di dalamnya.

Kopi Gajah Dung

Ilustrasi Gajah Dung
Jika kopi luwak dianggap ekstrem karena berasal dari kotoran hewan kecil itu, bagaimana jika ada kopi di Thailand yang berasal dari kotoran yang jauh lebih besar: gajah. Kopi Gajah Dung atau lebih dikenal dengan black ivory coffee ini dengan ajaib berasal dari kotoran gajah. Gajah-gajah memakan kopi dan tidak mampu dicerna sistem pencernaannya sehingga masih berbentuk utuh dan menempel pada kotorannya. 

Para petani di Thailand dengan luar biasanya mengacak-acak tumpukan kotoran dan mengumpulkan biji kopi satu per satu. Terdengar menjijikkan memang. Tapi jangan salah, kopi gajah ini memiliki pasarnya sendiri dan dijual seharga $13 hingga $50 per cangkirnya. Dan kopi gajah ini disebut-sebut memilliki cita rasa rumit dan kompleks. Bagaimana? Berniat untuk mencoba?

Kopi Kera

Ilustrasi Kopi Kera
Bukan, kopi yang ini bukan berasal dari kotoran kera seperti luwak dan gajah di atas. Meskipun begitu kopi yang satu ini tak kalah ekstrem dari keduanya. Kopi yang satu ini berasal dari kera-kera bernama Formosan Macaques, jenis kera kecil abu-abu yang terdapat di Taiwan. Kera-kera ini gemar memakan kopi yang ada di sana dan karena tak mampu mereka cerna, mereka meludahkan biji-biji kopi ini. 

Nah, kopi yang sudah mengandung ludah dari kera-kera inilah yang dikumpulkan para petani di Taiwan. Menjijikkan? Memang. Tapi kopi yang satu ini ternyata memiliki peminat yang banyak. Para penikmat kopi sepakat bahwa kopi yang telah dikunyah kera-kera ini memberi cita rasa dan aroma vanilla yang samar. Dan tentu menjadikannya unik dan nikmat.

Kopi Burung Jacu

Ilustrasi Kopi Burung Jacu
Tak hanya mamalia yang ternyata kotorannya mampu menghasilkan kopi bercita rasa unik dan mahal pula. Di Brazil, burung jenis Jacu ternyata mampu menghasilkan keahlian yang sama. Burung-burung ini memakan biji kopi dan mengeluarkan biji yang telah dicerna itu menjadi kotoran. Dan para petani di Brazil mengumpulkannya dan menjualnya. 

Tak disangka, kopi yang dihasilkan burung Jacu memiliki rasa pedas dan sedikit manis asam pada rasanya. Bahkan beberapa ahli kopi menyebutkan bahwa kopi ini memiliki rasa unik yang memabukkan karena memiliki aroma rempah yang berkarakter. Tapi, apapun itu, kopi ini adalah kopi yang berasal dari kotoran burung. Dan setiap kotoran pastilah terdengar menjijikkan meskipun memiliki rasa yang nikmat tak terlawan.

Kopi Joss

Ilustrasi Kopi Joss
Kopi yang satu ini bukan berasal dari hewan. Meski begitu tak bisa ditolak bahwa cara penyajian yang tak biasa menjadikan kopi yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki keekstreman yang berbeda. Bayangkan, kopi ini adalah satu-satunya kopi yang disajikan dengan mencampurkan arang ke dalam kopi. Arang bukanlah benda yang layak untuk dikonsumsi. 


Tapi di sini arang dengan lazimnya menjadi campuran kopi yang dipercaya memberi nikmat yang tak ada duanya. Para penikmat kopi joss ini percaya bahwa arang memberi aroma kuat dan rasa yang manis saat dinikmati. Meskipun harganya murah, kopi ini ternyata memberi khasiat karena arang dipercaya mampu menetralkan asam di dalam lambung.(majalah.ottencoffee.co.id)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.