Cara Mengobati Luka Sayat Pada Kulit

Bagi anda ibu ibu yang suka masak di dapur tentu pernah secara tidak sengaja pisau yang di pakai melukai jari tangan. Apakah ibu sudah tau cara yang benar melakukan pengobatan dan pertolongan pertama pada luka sayat karena pisau.


Jika belum tau ada baiknya anda membaca pos ini sampai selesai. Artikel ini juga membahas tentang tata cara pertolongan pertama pada luka tusuk dan luka karena tersengat arus listrik.

Hal utama yang harus anda ketahui adalah luka sayat tidak boleh dicuci dengan air.Kenapa tidak boleh? karena tindakan demikian dapat memasukkan bibit penyakit ke dalam jaringan tubuh.Bukannya membersihkan luka yang terjadi anda malah akan memasukka  bakteri dari air ke dalam luka tadi.

CARA MENGOBATI LUKA SAYAT PADA TANGAN

Bagaimana tindakan yang benar jika terkena sayatan pisau?

Yang pertama biarkanlah perdarahan berlangsung sejenak, sehingga luka dibersihkan sendiri oleh darah yang mengalir keluar, kemudian teteskan larutan merkurokrom atau betadine ke dalam luka, dan tutuplah luka dengan
kain kasa steril.

Pada luka sayat yang ternganga lebar dan disertai perdarahan yang tidak berhenti segera minta pertolongan dokter. Luka pada kepala biasanya disertai perdarahan deras. Ini dapat diatasi dengan menekankan kain kasa atau sapu tangan steril erat-erat kepada luka selama 3-5 menit.

CARA MENGOBATI LUKA TUSUKAN

Luka demikian biasanya kecil, tetapi dapat amat dalam. Mungkin juga tusukan itu melukai alat-alat dalam rongga dada atau rongga perut. Pada keadaan demikian luika hanya ditutup dengan kain kasa steril dan korban segera dibawa ke dokter atau ke rumah sakit.

Jika anda terkena tusukan jarum atau paku yang harus anda lakukan adalah menekan di sekitar area tusuk tersebut agar darah bisa keluar dengan lancar.hal ini di lakukan untuk mengeluarkan kotoran atau bakteri agar tidak masuk ke aliran darah.

CARA MENGOBATI LUKA SENGATAN ARUS LISTRIK

Arus listrik yang melewati tubuh seseorang dapat menimbulkan renjatan linstrik. Karena itu keadaan alat-alat perawatan kecantikan yang menggunakan arus listrik, harus selalu diperhatikan, supaya kerusakan kecil pun segera diketahui.

Pada renjatan listrik, korban akan pingsan, pernapasannya terhenti, kadang terjadi luka bakar yuang hebat, dan seringkali dijumpai perdarahan dari pembuluh darah kulit halus pada tempat masuk dan keluarnya arus listrik.


Hubungan antara korban dan pengantar arus listrik segera harus diputus, misal dengan mencabut stopkontak, memutar sakelar, atau melepaskan sekering. Jika arus listrik tidak dapat diputuskan, maka korban harus dilepaskan dari alat atau penghantar arus listrik yang menempel padanya.

Sewaktu melaksanakan tindakan ini, penolong harus berpijak di tempat yang kering dan terdiri atas bahan non-konduktor, sehingga tidak dapat dilalui arus listrik, tangan penolong dibungkus. Dengan sebatang kayu yang kering dan cukup panjang, kawat listrik dijauhkan dari korban atau korban ditarik pada pakaiannya untuk menjauhkan dari penghantar arus listrik.

Setelah kontak dengan arus listrik terlepas, lakukan pernapasan buatan, jika korban tidak dapat bernapas.kemudian bawa ke dokter terdekat.

Cukup sekian penjelasan dari saya tentang cara melakukan pertolongan pertama pada kasus kasus kecelakaan ringan seperti tersengat listrik, tertusuk jarum maupun paku.Juga terkena sayatan pisau.

Dengan melakukan beberapa cara mengobati luka sayatan pisau dan lainnya seperti di atas maka akibat fatal yang di timbulkan akan dapat di minimalisir dan menghindari jatuhnya korban.

Source solusismart.com (berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.