Chiropractic Teknik Pengobatan Sakit Tulang Belakang

Baca juga:

Chiropractic kedengaran sangat aneh di telinga kita.tentu saja karena ini dari bahasa inggris.Jadi Chiropractic adalah metode terapi yang fokus pada pengkoreksian tulang belakang, persendian saraf.dan otot. Pembetulan yang dimaksud adalah menolong pergerakan sendi tulang belakang jadi lebih optimal, sehingga dapat menghilangkan iritasi pada bagian susunan saraf pusat tulang belakang.


Kata ini memang sekarang sedang populer karena adanya kasus mal praktek yang di alami oleh Allya Siska Nadya.dia meninggal dunia setelah melakukan pengobatan di Klinik Chiropractic First, Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.
Mari kita cari tau lebih dalam apa itu chiropractic secara mendalam sehingga tidak salah persepsi.

Menurut ahli chiro susunan pada saraf pusat mempengaruhi semua bagian tubuh kita, dari fungsi sel , fungsi organ dan fungsi jaringan saraf. semua kegiatan tubuh diatur oleh saraf, mulai dari bergerak anggota badan , indra perasa , hingga proses metabolisme tubuh

Daniel David Plamer adalah orang yang menemukan metode penyembuhan Chiropractic pada tahun 1895, seorang imigran dari Kanada pindah dan menetap di Amerika.

Chiropractic berkembang sangat pesat di negara seperti Amerika serikat , Kanada,Australia, Selandia Baru, dan Australia. Perkembangan metode penyembuhan Chiropractic di Negara Indonesia sangat lambat karena belum begitu familier di masyarakat indonesia. Mereka lebih mengenal pijar tradisional dan sangkal putung untuk masalah patah tulang.

Terapi utama dalam pengobatan chiropractic adalah koreksi atau pembetulan terhadap subluksasi, yaitu gangguan pada letak maupun fungsi dari tulang belakang.yang dikoreksi adalah sendi yang tidak bergerak optimal, sedangkan untuk sendi yang sudah bergerak tidak dibetulkan, karena dapat menimbulkan hypermobility. chiropractic memiliki cakupannya sendiri Jadi metode ini tidak untuk masalah tulang yang bergeser.

bilaanda mengalami dislokasi atau pergeseran tulang maka anda harus segera di bawa ke dokter Ortopedi. Hal ini berlaku juga bagi kondisi fraktur serta malignansi keganasan.

Sebelum menjalani terapi  pasien akan melakukan beberapa tahapan pemeriksaan:
  • Chiropractor atau orang yang ahli chiropractic akan menanyakan mengenai keluhan yang di derita pasien hal ini untuk melokalisir pemeriksaan.
  • Chiropractor akan mengecek mengenai postur pasien, range of motion area pergerakan,cara berjalan dan miton palpation. posisi tulang bahu dan belikat,apakah ada posisi tulang yang tidak benar,postur tubuh simetris atau tidak,adakah penyimpangan tulang belakang ke arah lateral
  • Pasien akan menjalani tes ortopedi serta pemeriksaan penunjang yang di perlukan dengan sesuai x-ray, atau MRI.

terapi chiropractic selalu berdasarkan pada hasil x-ray. Jika tak ada foto rontgen yang mendukung, seorang chiropractor tidak dapat melakukan koreksi tulang.

CHIROPRACTOR METODE TANPA OBAT DAN OPERASI

Kelebihan terapi chiropractor adalah caranya yang cukup mudah, tak perlu operasi. Bila setelah pasien diperiksa ternyata permasalahan tulangnya di luar wewenang ahli ini, maka chiropractor akan langsung merujuk ke dokter ahli ortopedi yang lebih kompeten . Sebaliknya, jika chiropractor melihat ada kemungkinan perbaikan melalui terapi chiropractic, maka pasien akan segera ditangani oleh ahli chiropractic yang bersertifikat.

kelebihan lainnya dari chiropractic adalah pasien tidak perlu untuk mengkonsumsi obat obatan tertentu. Selama proses penyembuhan dan perawatan berjalan, pasien hanya diharuskan untuk berolahraga ringan.hal ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot di sekitar tulang, dan menjaga mekanisme tulang agardapat bekerja dengan semestinya.

Semua orang boleh menjalani metode penyembuhan chiropractic, bahkan untuk anak-anak dan ibu hamil. Kekuatan atau teknik yang digunakan berbeda antara orang satu dengan yang lainnya,tergantung tingkat masalah dan tubuh orang yang bersangkutan , terutama untuk beberapa bagian tubuh yang beresiko.

Terapisakit tulang belakang di klaim aman dan tidak memberikan rasa sakit. Karena tujuannya bukanlah untuk mencari titik sakit pada pasien. Jadi semua yang dilakukan dalam pengobatan chiropractic sesuai dengan tingkat toleransi pasien.


Beberapa pasien ada yang langsung bisa diobati dan ada pula yang harus melalui beberapa tahapan . Untuk pasien yang menjalani terapi pertama kali akan melalui berbagai pemeriksaan, sehingga waktu yang di butuhkannya lebih lama. tapi, untuk sesi berikutnyahanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan, untuk perawatan , dianjurkan melakukan pengecekan setiap enam bulan sekali.

MENJAGA STABILITAS TULANG BELAKANG DENGAN OLAHRAGA

Biarpun sudah di betulkan , tetap ada kemungkinan tulang belakang kembali mengalami subluksasi. oleh sebab itu kondisi otot di sekitar tulang belakang harus diperkuat dengan olahraga.

Jika anda sedang menjalani terapi sakit tulang belakang maka anda bisa melakukan olah raga renang untuk mempercepat proses penyembuhan dan tentu saja harus konsultasi dengan chropractor anda.

Jadi sekarang anda sudah tau kan apa itu chiropractic. Kembali lagi kepada diri anda masing masing.jika memang ingin terus melanjutkan terapi ini pastikan bahwa klinik tempat anda melakukan pengobatan sakit tulang belakang adalah tempat yang memiliki ijin. dan yang paling penting anda mengenal siapa terapisnya dan apakan dia provesional atau tidak. Cari tau dengan bertanya pada orang orang yang telah lebih dulu melakukan pengobatan chiropractic.

Sumber : solusismart.com (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.