Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Sebuah universitas menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium, yang berarti "komunitas guru dan akademisi".

Dilansir melalui laman DW Indonesia, Jum'at (23/09/16) yang mengatakan ada 10 universitas terbaik di dunia, di asia ada satu, dan berapakah peringkat universitas di Indonesia? Universitas Oxford, MIT... Anda tentu mengenal nama-nama universitas beken tersebut. Tapi universitas manakah yang terbaik di dunia? Berikut 10 teratas untuk tahun 2016 berdasarkan Times Higher Education.

1. Universitas Oxford (Inggris)

Universitas Oxford (Inggris)
Oxford adalah universitas tertua di belahan dunia yang berbahasa Inggris dan universitas tertua kedua di dunia yang masih eksis sampai sekarang. Banyak alumni terkenal dari universitas ini. Termasuk 26 pemenang Hadiah Nobel dan lebih dari 30 pemimpin dunia, misalnya Bill Clinton, Aung San Suu Kyi, Indira Ghandi dan 26 perdana menteri Inggris.

2. California Institute of Technology (AS)

California Institute of Technology (AS)
Awalnya didirikan dengan nama Throop University tahun 1891 di Pasadena, California. Namanya berganti menjadi California Institute of Technology tahun 1920. Hingga sekarang, 34 alumni dan fakultas Caltech telah meraih 35 penghargaan Nobel.

3. Universitas Stanford (AS)

Universitas Stanford (AS)
Stanford University memiliki salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat. 21 alumninya adalah penerima hadiah Nobel. Para pendiri Google berkenalan di Stanford saat mengambil gelar doktor, walau pada akhirnya tidak ada satu pun yang berhasil menyelesaikan disertasinya.

4. Universitas Cambridge (Inggris)

Universitas Cambridge (Inggris)
Didirikan tahun 1209, Cambridge adalah universitas tertua keempat di dunia dan tertua kedua di belahan dunia yang berbahasa Inggris.

5. Massachusetts Institute of Technology (AS)

MIT
85 peraih Nobel adalah alumni MIT. Termasuk Kofi Annan, mantan Sekjen PBB yang bersama PBB memperoleh Nobel Perdamaian tahun 2001.

6. Universitas Harvard

Harvard
Nama universitas ini merujuk pada nama pemberi dana awal John Harvard. Ia menyumbangkan perpustakaan dan setengah kekayaannya bagi insitusi ini setelah meninggal di tahun 1638. 13 presiden AS diberi gelar kehormatan dari Harvard. Perpustakaan akademik terbesar di dunia juga ada di universitas ini.

7. Universitas Princeton (AS)

Universitas Princeton (AS)
Anggota fakultas yang meraih Nobel dalam beberapa tahun terakhir termasuk ahli kimia Tomas Lindahl dan Osamu Shimomura, ekonom Paul Krugman dan Angus Deaton, ahli fisika Arthur McDonald dan David Gross.


8. Imperial College London (Inggris)

Imperial College London (Inggris)
Alumni yang terkenal termasuk penulis fiksi ilmiah H.G. Wells, gitaris Queen Brian May, dan mantan PM India Rajiv Gandhi. Moto Imperial College London adalah Scientia imperii decus et tutamen, yang artinya “pengetahuan ilmiah adalah perhiasan dan perlindungan dari kekaisaran”.

9. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Zurich

Swiss Federal Institute of Technology Zurich
Pada awalnya didirikan tahun 1855 sebagai Federal Polytechnic School. Kini ETH Zurich dianggap sebagai universitas yang paling bergengsi di dunia di bidang sains dan teknologi. 20 alumninya meraih penghargaan Nobel. Termasuk Albert Einstein.

10. University of California, Berkeley

University of California, Berkeley
Selain terkenal di bidang akademis, Universitas Berkeley memiliki tradisi sebagai lokasi pusat kegiatan politik. Di tahun 60-an dan 70-an, kampus ini jadi tempat berkumpulnya mahasiswa yang memprotes perang Vietnam.

10. Universitas Chicago

Universitas Chicago
80 penerima Nobel pernah menimba ilmu atau bekerja di universitas ini. Termasuk diantaranya ekonom Robert E. Lucas (1995), James J. Heckman (2000), Roger Myerson (2007), Lars Peter Hansen (2013), Eugene Fama (2013), dan ahli fisika James Cronin (1980).

24. National University of Singapore (NUS)

NUS
Inilah universitas terbaik di Asia. NUS memiliki tiga lokasi kampus - Kent Ridge, Bukit Timah dan Outram. Ada sekitar 38.000 mahasiswa dari 100 negara. Selain itu, NUS juga memiliki tiga pusat penelitian unggulan (RCE).

801. UI dan ITB

ITB dan UI
Dari 980 institusi yang disurvey, dua universitas dari Indonesia menempati peringkat yang sama, yakni 801. Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia. Sangat jauh perbedaannya dengan universitas terbaik di Asia, National University of Singapore (NUS) yang berada di peringkat 24.
(dw.com/timeshighereducation/reuters/wikipedia/google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.