author photo
Apakah kalian tahu menghentikan kebiasaan merokok tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh niat dan usaha yang keras untuk bisa lepas dari jeratan rokok. Meski demikian, bukan berarti kebiasaan buruk itu tak dapat dihilangkan, sebab ternyata ada cara mudah untuk mengatasinya. Yakni hanya dengan mengunyah daun tulsi.

Dilansir melalui laman Islam Pos, Selasa (30/08/16) yang mengatakan bahwa Tulsi atau Holy Basil (Ocimum sanctum) dikenal di Indonesia dengan sebutan kemangi, ternyata daun yang sering dijadikan lalapan ini mempunyai segudang manfaat. Nama tulsi sendiri populer di India. Menurut sejumlah penelitian, daun tersebut dapat membantu seseorang yang ingin menghentikan kebiasaan merokok.


Dengan mengunyahnya, kata peneliti, tingkat stres Anda dapat dikontrol. Jadi, saat tingkat stres Anda rendah, Anda pun bisa mengontrol keinginan untuk menghisap rokok.  Tulsi diketahui memiliki efek adaptogenik atau efek antistres terhadap manusia.

Selain itu zat antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dipercaya ampuh mengurangi kerusakan organ tubuh akibat nikotin.

Hasil penelitian farmakologi yang terbaru telah membuktikan bahwa tanaman ini berfungsi sebagai anabolik hipoglikemik, depresi jantung, relaksan otot polos, adaptogenik, antifertilitas serta memiliki sifat imunomodulator.

Berdasarkan efek antimikroba, Tulsi mengandung minyak atsiri yang memiliki fungsi sebagai antijamur, antibakteri serta antivirus yang bis mencegah pertumbuhan M. tuberculosis, E. coli, B. anthracis, dan sebagainya.


Ekstrak Tulsi bisa mempercepat masa penyembuhan secara signifikan, gejala klinis dan parameter biokimia pada pasien dengan virus ensefalitis dan virus hepatitis.

Tanaman Tulsi juga memiliki efek antimalaria dimana dilaporkan bahwa minyak atsiri yang berasal dari dari Tulsi memiliki aktivitas larvisida 100% terhadap nyamuk Culex.

Nah, selain mampu membantu hentikan kebiasaan merokok, daun tulsi ini ternyata masih menyimpan manfaat hebat lain bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya seperti disitat dari popular-world:

Sehatkan kulit

Para ahli kesehatan mengatakan, mengkonsumsi tulsi secara teratur dapat membantu Anda untuk dapatkan kulit bersih dan bersinar. Selain itu, sifat anti bakteri di dalamnya juga bisa melancarkan peredaran darah sekaligus mampu mencegah timbulnya jerawat.

Atasi stres

Seperti yang telah dijelaskan tadi, daun tulsi berperan penting untuk melancarkan peredaran darah. Peneliti menyarankan, kunyahlah daun ini secara teratur agar stres yang Anda alami bisa teratasi.

Menjaga kesehatan jantung

Daun tulsi juga mengandung zat antioksidan bernama Eugenol. Eugenol sendiri dikenal ampuh untuk mengontrol tekanan darah serta dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung.

Sembuhkan demam

Di India, daun tulsi kerap digunakan untuk menyembuhkan demam seseorang. Sifat anti bakteri, antibiotik, dan anti jamur di dalamnya memainkan peranan penting dalam mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Sumber : Islampos.com (Google Images)

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post