Ini Adalah Penyebab Mata Kedutan

Baca juga:

Terlepas dari mitologi itu, kedutan merupakan pertanda terjadi sesuatu di dalam tubuh kita. Secara medis, kedutan (fasciculations) didefinisikan sebagai kontraksi spontan sekelompok serabut otot yang dipersarafi satu motor unit. 

Otot dalam pengertian awam sering dipahami sebagai daging. Sedangkan motor unit terdiri atas serabut-serabut otot yang dilengkapi dengan saraf motorik. 
Kedutan terlihat sebagai desiran-desiran gerak otot di bawah kulit. 

Ilustrasi Kedutan
Kelelahan, flu, penggunaan obat-obatan, dan gangguan metabolik dapat memunculkan gerakan-gerakan serupa. Bentuk lain desiran-desiran otot ini adalah familial dan berhubungan dengan myopati (kelainan pada otot) tipe nonspesifik. Jadi kedutan adalah manifestasi dari berbagai faktor penyebab. 

Terkadang, kedutan banyak yang mengira mempunyai sebuah makna/mitos. Entah ada kejadian apa atau akan menjadi tanda baik/buruk. Sebenarnya dalam ilmiahnya punya arti tersendiri, mungkin itu pertanda jika mata anda mengalami tegang dan kaku. Yuk simak!

Stress

Seperti yang telah dijelaskan bahwa mata berkedut atau kedutan ini adalah pertanda bahwa anda megalami stress. Alangkah lebih baiknya anda bisa meluangkan waktu dan berekreasi untuk sedikit menghilangkan beberapa masalah dalam pikiran anda yang membuat anda menjadi stress.

Kelelahan

Selain stress yang telah dijelaskan, maksud dari mata berkedut lainnya adalah pertanda bahwa anda mengalami kelelahan. Hal ini bisa anda atasi dengan istirahat yang cukup dan tidak terlalu memporsir tenaga untuk terus bekerja.

Mata Lelah

Maksud dari mata berkedut lainnya adalah mata anda yang terlalu lelah karena kurang tidur sehingga membuat kelopak pada mata bergerak seccara spontan. Untuk masalah yang ini hanya memiliki satu cara utuk menghindarinya yaitu tentu saja dengan tidur yang cukup dan teratur.

Kafein dan Alkohol

Untuk anda pecinta kopi sebaiknya harus sedikit mengurangi konsumsi kopi anda dalam sehari. Karena menurut para ahli kopi dan juga alkohol dapat menjadi salah satu penyebab mata yang berkedut.

Mata Kering

Banyak sekali penyebab yang bisa mengakibatkan mata menjadi kering seperti melihat komputer salah satunya. Alangkah baiknya anda yang bekerja didepan komputer dan sering mengalami kedutan melakukan istirahat pada mata agar mata menjadi kering dan memngalami kedutan yang lebih parah.

Nutrisi Tidak Seimbang

Selain asupan kafein yang dikurangi dan asupan alkohol yang dihentikan, anda juga harus memperhatikannutrisi yang masuk kedalam tubuh anda untuk mengurangi keddutan yang anda alami. Mungkin akan lebih baik apabila anda lebih banyak memakan sayur sayuran dan buah buahan.

Alergi

Alergi pada mata juga bisa menjadi salah satu penyebab mata kedutan. Karena orang-orang yang memiliki alergi ini sering menggosok matanya dengan tangan karena rasa gatal yang dirasakannya di area mata. 


Gosokan mata inilah yang menyebabkan keluarnya histamine yang dimana histamine ini menurut para ahli apabila keluar dapat membuat kelopak mata menjadi bergerak.

Gangguan Saraf

Sebenarnya gangguan pada saraf ini dapat terjadi karena kelelahan pada tubuh. Karena kelelahan ini dapat mengakibatkan terganggunya saraf motorik ke-7. 

Untuk menghindari keadaan yang lebih buruk alangkah bagusnya apabila kalian megubah pola hidup yang selama ini tidak sehat menjadi pola hidup yang lebih sehat. Itulah tadi sedikit ulasan Arti Mata Kedutan. (serumenarik.com)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.