Inilah Bahan Nabati dan Hewani Yang Cocok Untuk Kosmetik

Loading...
Kulit manusi di dunia ini banyak berbeda-beda, ada yang kulitnya sensitif, normal, dan sebagainya. 

Bahan Pangan Hewani dan Nabati dan pengolahannya. dalam hal ini yang diuraikan adalah bahan pangan hewani. Bahan pangan hewani meliputi susu, telur, daging dan ikan serta produk-produk olahannya yang bahan dasarnya berasal dari hasil hewani.

Fungsi kulit sesuai dengan perannya yaitu :
  • Berfungsi untuk pengeluaran berupa kelenjar keringat.
  • Berfungsi untuk peraba.
  • Berfungsi untuk pelindung organ dibawahnya.
  • Berfungsi untuk  sebagai tempat dibuatnya Vitamin D dengan bantuan sinar matahari.
  • Berfungsi untuk  sebagai pengatur dan penyeimbang suhu tubuh.
  • Berfungsi untuk tempat menimbun lemak.
Setelah kita mengetahui fungsi kulit, maka dapat lah kita mengerti bahwa kulit merupakan bagian dari tubuh kita yang sangat penting. Oleh karenanya kita harus merawatnnya agar kulit tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Kulit merupakan salah satu anugerah Tuhan yang terbesar begitu juga dengan indra lainnya. Untuk kita harus mensyukuri anugara Tuhan ini dengan merawat dan menjaganya.

Ilustrasi Bahan Nabati
Untuk menjaga kulit agar tetap mulus dan tampak cantik Tuhan juga menganugerahkan kita dengan berbagai sumber kekayaan nabati dan hewani untuk mengajaga kulit. Berbagai bahan nabati dan hewani ini dapat kita temukan dengan mudah disekitar kita, baha-bahan ini dapat kita olah dan proses menjadi berbagai krim dan juga lotion bahkan dengan manual ataupun alami kita dapat mengolahnya untuk dijadikan sebagai bahan kosmetik. Dengan menggunakan bahan alami (nabati dan hewani) maka kulit kita akan terjaga kesehatan dan keindahannya secara alami pula, dan tentunya lebih aman.

Dengan anugerah akal dan kepintaran yang diberikan Tuhan kepada manusia, Bahan-bahan alami tadi diolah untuk dijadikan krim yang bisa tahan lama. Pengolahan krim dari bahan nabati dan hewani untuk di jadikan kosmetik yang dapat bertahan lama agar kosmetik tersebut tidak cepat expire atau kadar luarsa. Untuk menjadikan Bahan kosmetik dapat bertahan lama maka dicampurlah dengan bahan kimia buatan manusia. Bahan kimia yang dijadikan kosmetik tentunya ada yang berbahaya dan ada yang tidak, Terlebih dengan kecanggihan alat moderen pembuat kosmetik, para ahli terlebih dahulu melakukan penelitian untuk menjadikan bahan nabati dan hewani yang dicampurkan dengan bahan kimia menjadi kosmetik untuk menjaga kulit.

Baru-baru ini banyak ditemukan kosmetik yang berbahaya untuk tubuh karena dicampur dengan bahan kimia yang sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit demi mendapatkan keuntungan yang banyak. Ada perusahaan yang melanggar hak dari konsumen dan berbuat curang untuk mendapat keuntungan tanpa memikirkan kesehatan dari konsumen yang menggunakan kosmetik perusahaan tersebut. Biasanya adalah perusahaan abal-abal atau rumahan yang berbuat curang. Namun demikian, masih banyak perusahaan besar dan ternama yang menyediakan produk kosmetik yang baik. Yang namanya kosmetik pabrik pastilah memiliki efek samping yang tidak kita sadari oleh karena itu waspadalah terhadap Bahan-bahan Kosmetik yang berbahaya dan mengandung bahan kimia. Dan Beralihlah kepada bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Berikut ini kami akan sajikan bahan bahan nabati dan hewani yang  sering dijadikan Kosmetik alami untuk perawatan kulit :

1. Beras.

Seperti yang anda ketahui beras adalah bahan makanan mokok kita orang Indonesia. Beras sangat mudah kita temukan di setiap rumah orang Indonesia. Selain dijakan makanan beras ternyata memiliki mamfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Mamfaat beras untuk kesehatan ternyata memiliki arti penting untuk tubuh dan kulit kita. Bahan nabati ini ternyata dapat dijadikan sebagai bahan perawatan kulit. Herbal tradisional  yang berfungsi untuk mengajaga kulit dan kecantikan ada yang berbagah dasarnya adalah beras bahkan dijadikan sebagai bahan utamanya.

Fungsi beras untuk kesehatan kulit dan kecantikan biasa dijadikan untuk bedak dingin, tentunya bedak ini akan cocok untuk semua jenis kulit baik untuk orang dewasa bahkan  bedak bayi di beberapa daerah.Pengolahan beras dengan benar akan menjadikan beras kepada tingkat kehalusan yang sangat tinggi, oleh karena itu cocok untuk segala jenis kulit, termasuk untuk kulit bayi.

Khasiat beras diatarannya untuk menutrisi kulit dengan vitamin E karena beras banyak terkandung vitamin tersebut. Tingkat kandungan vitamin di setiap beras berbeda-beda bahkan beras tertentu memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi, seperti beras Jepang dan beras lokal Thailand. Kedua jenis beras tadi sangat sering dijadikan bahan untuk merawat kulit.

2.Bengkoang.

Hampir semua daerah baik desa maupun kota buah yang satu ini dapat kita temukan, bengkoang selain dijadikan makanan ringan, bahan Es buah dan konsumsilainya ternyata dapat dijadikan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit secara alami. Di Indonesia Bengkoang dijadikan bahan dasar alami untuk dijadikan krim dan lotion. Bengkoang dapat berfungsi untuk menjadikan kulit tampak lebih putih. Sudah banyak produk kosmetik yang sudah dapat kita jumpai di pasar maupun supermaket yangmenjual kosmetik berbahan dasar Bengkoang.

Bengkoang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C yang berkhasiat untuk menjaga dan merawat kulit. Dengan adanya Vitamin C di buah bengkoang maka  dapat menjadikan kulit tampak lebih cerah serta menjadikan sel kulit lebih kuat terhadap kerusakan.


Cara mengolah Bengkoang agar dapat dijadikan sebagai kosmetik alami adalah diolah  baik dengan mengupas dan lainnya terlebih dahulu untuk diambil patinya. Kemudian Pati bengkoang tersebut diolah kembali dengan tambahan sejumlah bahan lain untuk dijadikan produk lanjutan, seperti masker bengkoang dan lulur bengkoang dan lain-lainnya.

3. Daun Sirih.

Daun sirih adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang sudah tidak asing ditelinga kita.  Daun sirih adalah Bahan nabati yang sering dijadikan berbagai obat tradisional. Daun sirih memiliki khasiat  sebagai antiseptik untuk melawan berbagai kuman.

Berbagai Manfaat Dan Khasiat Daun Sirih
  1. Daun Sirih dapat dijadikan sebagai obat untuk membersihkan mata ( Denan Air rebusan)
  2. Daun sirih juga dapat dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan bau ketiak
  3. Daun sirih juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati gigi dan gusi bengkak. ( kunyah daun Sirih Hijau secukupnya atau dengan berkumur dengan rebusan daun sirih)
  4. Daun sirih juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati keputihan. (Dengan cara merebus daunnya secukupnya kemudian dapat diminum dan untuk membasuh vagina)

Cara mengolah daun Sirih untuk dijadikan kosmetik alami sangat mudah yaitu dengan menghaluskan daun sirih dan dicampurkan dengan madu Asli (hati-hati madu palsu). Mamfaatnya yaitu untuk untuk merawat kulit yang berjerawat dan menghilangkan bekas luka agar lekas sembuh tanpa meninggalkan luka bekas jerawat. 

4. Alpukat.

Bahan nabati Alpukat selain diminum dengan menjadikannya sebagai minuman jus ternyata memiliki mamfaat dan khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Buah Alpukat banyak mengandung lemak serta minyak yang sangat baik untuk menjaga kelembaban dari kulit kita. Para ahli kesehatan sangat merekomendasikan penggunaan alpukat untuk dijadikan sebagai bahan nabati untuk merawat kulit kering.

Cara mengolah alpukat agar dapat digunakan untuk perawatan kulit yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah.  Masker alpukat sangat baik digunakan setiap hari bagi penderita kulit kering yang cukup parah. Ataupun 3 kali dalam seminggu, untuk menghindarkan kulit dari kekeringan.

Sementara, untuk perawatan kulit setiap hari, alpukat dapat diolah dengan mengambil minyak esensialnya atau minyak alpukat. Kemudian Minyak alpukat dapat digunakan pada malam hari menjelang tidur, dapat juga digunakan pengganti krim malam(tribunindo.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.