21 September 2016

author photo
Sangat mudah untuk mengasumsikan bahwa kata "sianida" selalu identik dengan racun yang mematikan. Dalam pandangan Kimia, sianida menggambarkan ikatan rangkap tiga antara atom karbon dan nitrogen. 

Kombinasi karbon-nitrogen ini dapat dikombinasikan dengan logam atau unsur-unsur lain untuk membentuk sejumlah senyawa atau garam, seperti potasium sianida, sodium sianida atau hidrogen sianida. Hal ini juga ditemukan secara alami dalam gula, singkong, buah dan daun tembakau.

Ilustrasi Sianida
Berbicara tentang Sianida sendiri ternyata merupakan pembunuh yang paling kejam bila saja sengaja terminum oleh manusia, resiko kematiannya adalah 99% dan membutuhkan waktu yang sangat cepat. Di Indonesia sianida terkenal karena adanya kejadian pembunuhan yang menawaskan Mirna dan Jessika dituduh sebagai dalang kematian Mirna. 

Selain itu ternyata Sianida memili fakta yang menarik untuk kita ketahui bersama-sama, maka dari itu disini akan saya rangkumkan fakta tentang Sianida yang sedang ramai diperbincangkan oleh semua orang :

1. Kandungan Sianida terdapat dalam tumbuhan

Menurut Badan Pengawasan Dunia ternyata kandungan Sianida dapat kita temukan di berbagai macam tumbuhan, antara lain seperti almond, singkong, sorgums dan lainnya. Perlu kita ketahui bersama ternyata pada sebatang rokok terdapat unsur senyawa Hidrogen Siandina yang mana kandungan Sianida tersebut masih dalam batas aman bagi tubuh yaitu sebanyak 0,073 - 0,25 mg.

2. Alasan Sianida Berbahaya

Perlu kita ketahui bersama, dampak sianida bila masuk ke dalam tubuh dapan dengan cepat mempengaruhi sistem pernapasan manusia, jangankan masuk ke dalam tubuh, jika kita menghirup nya saja sudah mengalami gangguan pernapasan, dan apabila terkena kulit maka akan terjadi luka seperti terkena oleh api.
Sianida sangat beracun apabila Zat sianida tersebut bereaksi dengan kelembapan udara, selain itu sianida juga dapat memicu terjadinya ledakan apabila dengan jumlah yang snagat banyak.

3. Luka Terkena Sianida

Sianida jika terkena kulit maka akan terjadi luka yang terbuka, yang mana jika dibiarkan tanpa di cuci kulit yang terkena  tadi dapat memicu terjadi nya Ruam (Memar) yang biasa dikenal dengan sebutan Medis "Ruam Sianida". Selain itu juga akan muncul gejala lain gatal-gatal, dan erupsi pada kulit. Jika seorang terminum sianida dalam dosis yang rendan makan yang terjadi akan terasa mual - mual serta berkurangnya selera makan.

4. Membuang pakaian yang terkena Zat Sianida

Seperti yang terjadi pada kasus mirna, diduga tersangka jessika telah memubuang pakaian yang dikenakan nya sewaktu pada kejadian tersebut, hal tersebutlah yang menjadikan salah satu bukti pihak kepolisian menuduh Jessika sebagai pelakunya.


Hal tersebut diperkuat dengan ungkapan Badan Pengawasan Dunia bahwa, jika pakaian yang telah terkena Sianida harus dibuang jauh-jauh dengan memasukkannnya kedalam kantong plastik dan dibungkus dengan rapat, di karenakan menurut Badan Pengawasan Dunia pakaian yang terkena Zat Sianida masih dapat memunculkan Resiko yang berbahaya bagi tubuh manusia.

5. Gejala Keracunan Sianida

Jika ada seorang yang terminum Sianida anda harus mengetahui ciri-cirinya berdasarkan julam sianida yang masuk ke dalam tubuh, jika kadar Sianida yang masuk kedalam tubuh dalam jumlah kecil biasanya akan ditandai dengan tubuh lemas dan bernafas lebih cepat dan merasa mual dan ingin muntah.

Jika kadar Zat Sianida yang masuk kedalam tubuh dengan jumlah besar maka yang terjadi seorang yang terminum Sianida tersebut akan tidak sadarkan diri dan denyut nadi melemah dikarenakan terjadinya kerusakan Paru-paru yang memicu terjadinya gangguan sistem Respirasi yang dapat dengan cepat mengakibatkan kematian (zona1000.com)


Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...