Inilah Wujud Jembatan Mengambang Pertama di Dunia

Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan.Jembatan juga merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows). Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

Dilansir dari laman DW Indonesia, Selasa (06/09/16) Mengatakan, Lanskap pesisir Norwegia yang dipenuhi Fyord menyulitkan pembangunan infrastruktur semisal jembatan. Sebab itu pemerintah beralih ke solusi unik, yakni sebuah terowongan laut yang mengambang di bawah permukaan air.

Hambatan Pembangunan


Pesisir barat Norwegia dibentuk oleh lebih dari 1000 fyord yang kendati indah, mempersulit pembangunan infrastruktur normal seperti jembatan. Sebab itu pemerintah melirik solusi unik, yakni terowongan laut mengambang pertama di dunia.

Hemat Waktu


Saat ini pengendara mobil harus melalui tujuh penyebrangan dengan kapal ferry dan waktu perjalanan selama 21 jam untuk menempuh jarak 800 kilometer di pesisir barat Norwegia. Terowongan ajaib tersebut akan memangkas waktu perjalanan menjadi hanya 10 jam.,

Pelampung Raksasa


Terowongan laut Norwegia akan dibangun dengan menggunakan pipa beton sepanjang 1.200 meter dan mengambang di kedalaman 30 meter dari permukaan air. Struktur tersebut akan ditopang oleh pelampung raksasa di atas permukaan air dan, jika perlu, dipatok ke dasar laut.

Anggaran Selangit


Terowongan penyebrangan di dalam air itu akan mulai dibangun tahun 2035. Untuk itu pemerintah Norwegia menganggarkan dana sebesar 25 milyar Dollar AS atau sekitar 328 trilyun Rupiah.
Melawan Ombak dan Badai


Pengembang mendesain struktur terowongan agar mampu menahan gelombang air dan temperatur yang dingin. Selain itu pelampung akan diletakkan pada jarak tertentu, sehingga kapal berukuran besar bisa melintasi terowongan tanpa merusak strukturnya.

Sepeda dan Pejalan Kaki


Beberapa terowongan yang telah lolos uji kelayakan bahkan memiliki jalur pejalan kaki dan sepeda. Untuk membuat suasana lebih nyaman pengembang melengkapi terowongan dengan tanaman dan lampu khusus untuk mensimulasikan cahaya matahari.

Solusi Tunggal


Sejauh ini Norwegia telah membangun 1150 terowongan bawah tanah, 35 di antaranya ditanam di dasar laut. Namun untuk pesisir barat, kedalaman laut dan ketatnya undang-undang perlindungan lingkungan membuat terowongan mengambang menjadi satu-satunya solusi.

Sumber : Deutsche Welle, Wikipedia, rzn/yf (dari berbagai sumber Sumber Gambar : berbagai sumber)
Advertisement
MatchedContent

4 comments:

  1. Asli keren banget, coba Indonesia bikin beginian..

    ReplyDelete
  2. Hmhm bagus banget gan untuk jembatannya... coba kalau di Indonesia pasti seru

    ReplyDelete
  3. ini jembatan terkeren yang pernah ane baca gan :D
    keren banget :D

    ReplyDelete

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.