Ketahuilah Tanda Kesehatan Menurut Jam Berapa Anda Sering Terbangun

Baca juga:

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.

Dilansir melalui laman IDNtimes menyebutkan konon, ada mitos yang mengatakan, jika kita terbangun di malam hari artinya ada sosok tak terlihat yang sedang mengawasi kita. Hii ngeri!

Entah kamu percaya mitos atau lebih percaya ke sains, sebetulnya ketika kita sering terbangun di malam hari di jam-jam tertentu, tubuh kita sedang memberikan sinyal kesehatan yang harus diperhatikan lho. Cek yuk. 

Jam 21.00 - 23.00


Ini adalah jam-jam dimana seharusnya manusia beristirahat. Pada jam-jam ini sistem endokrin tubuh sedang melakukan penyeimbangan dan enzim tubuh sedang diperbarui.

Kalau kamu susah tidur, atau malah terbangun di jam-jam ini, itu artinya tubuhmu sedang 'berjuang' untuk kedua sistem tubuh ini.

Jam 23.00 - 01.00


Jam-jam ini adalah waktu yang dipercaya dimana tubuh mengubah energi yin menjadi yang. Energi yang sangatlah aktif dan seharusnya tubuhmu menyimpan energi ini untuk hari berikutnya.

Kalau kamu sering terbangun di tengah malam seperti ini, bisa jadi indikasi ada gangguan pada kantong empedu. Terlalu banyak minyak dan timbunan lemak tidak sehat menjadi pemicunya.


Jam 01.00 - 03.00


Ini adalah waktu yang penting untuk detoksifikasi dan pembaruan sel-sel di dalam tubuh. Hati sedang melepaskan racun dan memproduksi darah segar.

Sering terbangun di waktu-waktu ini? Sebetulnya jika kamu sering terbangun di jam-jam ini adalah pertanda kemarahan, frustrasi dan energi negatif yang terkumpul dalam tubuh dan pikiran. Kalau kamu gak segera menangani 'racun-racun hati' ini, maka organ hatimu lah yang terkena imbasnya. Duh, jangan sampai ya!

Jam 03.00 - 05.00


Ini adalah waktu dimana paru-parumu sedang melakukan perbaikan diri dan oksigen sedang banyak-banyaknya diproduksi.

Pastikan tubuh kamu cukup hangat untuk bisa memfasilitasi perubahan ini. Kalau kamu terbangun di jam subuh ini, cobalah latihan mengolah nafas. Masalah dengan paru-paru seringkali berhubungan dengan kesedihan dan rasa kehilangan.

Jam 05.00 - 07.00


Racun yang sebelumnya dipecah, akan dibuang dari sistem tubuh. Usus besar sedang aktif-aktifnya selama jam ini. Jangan makan-makanan yang buruk ya. Sarapanlah makanan yang sehat dan banyak mengandung serat yang mudah diserap oleh tubuh.

Sumber idntimes.com, Wikipedia (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.