11 September 2016

author photo
Tidak seperti jantung yang lebih sering mendapat perhatian untuk dijaga kesehatan, lidah mungkin lebih sering diabaikan kesehatannya karena jarang mengalami gangguan. 


Namun dari lidah kamu bisa mengetahui seberapa sehat tubuhmu.Masalah yang timbul pada lidah adalah tanda kesehatan yang perlu kamu khawatirkan, seperti misalnya jika lidah tiba-tiba membengkak atau ada tonjolan besar. Dikutip dari healthline.com yang dijelaskan oleh dokter George Krucik, MD, MBA. pembengkakan lidah bisa disebabkan oleh berikut ini.

Alergi
Lidah bengkak bisa jadi reaksi alergi terhadap produk perawatan rongga mulut atau gigi seperti pasta gigi, obat kumur, obat sakit gigi dan lain sebagainya. Bisa juga karena makanan tertentu.

Kurang vitamin
Jika tubuh kekurangan vitamin B-12 atau zat besi, lidah bisa tiba-tiba mengalami inflamasi atau bengkak.


Sjögren’s Syndrome
Ini adalah kondisi di mana lidah mengalami gangguan produksi air liur, dan reaksinya, lidah menjadi bengkak.

Infeksi yeast
Infeksi ragi di organ intim ini bisa menyebar ke mulut dan menyebabkan bengkak atau tonjolan di lidah. Penyakit seksual menular ini harus segera diobati karena pusat penyakit bukan pada lidah. 
Itu dia beberapa sebab di balik bengkaknya lidah yang mungkin kamu alami. Jangan dibiarkan begitu saja, karena kemungkinan benjolan di lidah adalah tanda penyakit serius di dalam tubuhmu.

Source zona1000.com (berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...