Mengobati Jerawat Dengan Cara Rasulullah

Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista.

Dilansir melalui laman Islam Pos. Dalam bahasa Arab, jerawat disebut juga dengan nama batsrah. Ini adalah benjolan kecil yang terdiri dari zat panas yang tumbuh secara alami.


Obat yang dianjurkan Rasulullah SAW ini tentunya jauh dari efek samping. Bisa saja ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sudah lelah mengatasi jerawat yang tidak kunjung sembuh.

Hal ini dikisahkan oleh Ibnu As-Sunni yang mendapat informasi dari beberapa istri nabi. Mereka bercerita bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW menemui istrinya. Diantara mereka tampak tumbuh semacam jerawat. Rasulullah kemudian bertanya yang artinya:

“Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab, “punya”. Rasulullah berkata, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini.” Hadits ini diakui oleh Adz-Dzahabi, dikeluarkan oleh Al-Hakim dan sanadnya adalah shahih.

Dzarirah merupakan wewangian yang terbuat dari sari batang pohon arum. Karena sifatnya yang panas dan kering membuat tanamanini dipercaya menyembuhkan jerawat. Disamping bisa mematangkan dan mengeluarkan isi jerawat, obat ini juga memberikan aroma yang wangi.



Tanaman ini kini banyak ditemukan di India dan diberdayakan masyarakat di sana sebagai tanaman obat dari berbagai jenis penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan antara lain radang lambung, liver dan kekurangan cairan tubuh, bahkan dapat pula menguatkan jantung.


Hal lainnya juga diriwayatkan Aisyah RA yang mengatakan bahwa dirinya membubuhi minyak Dzarirah kepada Rasulullah SAW saat Tahallul. Saat itu bertepatan dengan Haji Wada atau Haji perpisahan.

“Saya meminyaki Rasulullah SAW dengan tanganku dengan menggunakan Dzarirah (arum) pada haji wada selam ihram,” (Bukhari dan Muslim).

Meski Rasulullah SAW tidak menjelaskan secara spesifik, namun obat ini memang dipercaya dapat menghilangan jerawat di kulit terutama wajah. Jika jerawat Anda tidak kunjung sembuh, cobalah mengikuti apa yang disarankan Rasulullah SAW ini.

Sumber :islampos.com (alodokter/google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.