Misteri Posong di Daerah Temanggung

Baca juga:

Setiap daerah mempunyai tempat yang dikenal angker. Salah satunya yaitu Temanggung Jawa Tengah, Yang sangat terkenal mistisnya. 

Posong, saat malam hari
Sebuah tempat wisata terletak diantara dua gunung, tepatnya gunung Sumbing dan gunung Sindoro dan juga antara dua kabupaten Temanggung dan Wonosobo propinsi Jawa Tengah, tempat ini muncul dikalangan masyarakat wisata belum begitu lama, kurang lebih baru satu tahun, dan disebarluaskan keberadaannya oleh kelompok pecinta alam desa setempat. Untuk mencapai tempat ini sangat mudah, dari kota temanggung ataupun dari kota wonosobo cukup menggunakan bus metro mini jurusan Magelang Wonosobo turun didesa Tlahap, dilanjutkan perjalanan kaki sejauh tiga kilometer. Jalan yang berkelok dan menanjak serta dikanan kiri perjalanan dipenuhi dengan kebun kopi dan tembakau menambah sejuknya perjalannan menuju lokasi wisata POSONG.

Konon pada zaman penjajahan Belanda pangeran Diponegoro terdesak oleh tentara kompeni sampai hutan lereng gunung Sindoro.sambil beristirahat bersama sisa pasukannya pangeran Diponegoro menyusun strategi, dibantu penduduk setempat beliau mengintruksikan agar membuat pos.

Beberapa prajurit justru menentang pembuatan pos tersebut dalam benak pikiran sebagian prajurit tersebut mengatakan “kita ini sudah terdesak apakah didalam pos, jutru akan mempermudah pasukan Belanda meringkus kita “. Akan tetapi setelah dipresentasikan akhirnya terjadilah kesepakatan bersama.Dengan kelihaiannya dalam menerapkan strategi perang,pangeran diponegoro membuat pos
tersebut hanyalah sebagai tipu daya untuk mengelabuhi keberingasan kompeni,pos tersebut hanyalah alat untuk memancing tentara kompeni supaya menyerang. Diluar dugaan pos tersebut merupakan pos kosong, karena kelelahan dan dikepung oleh prajurit diponegoro dan dibantu oleh penduduk setempat akhirnya belanda menyerah. Dari singkatan POS Kosong terciptalah nama POSONG.

Pemandangan POSONG disiang bolong

Posong saat Siang Hari
Bagi pecinta alam ataupun pecinta fotografi posong merupakan tempat yang wajib dikunjungi,disamping pemandangan alamnya sangat luar biasa indahnya disini terdapat lahan perkemahan,yang mana apabila berkemah dapat menikmati beberapa manfaat sekaligus.Pada sore hari akan melihat fenomena alam yang luar biasa indahnya,sebab dengan menghadap kearah barat tepatnya menatap puncak gunung Sindoro maka kita akan menyaksikan keindahan terbenamnya matahari menjelang petang atau yang lazim disebut SUNSET, sebaliknya pada menjelang pagi sehabis subuh bila kita menghadap kearah timur dan menatap puncak gunung sumbing maka akan muncul sedikit demi sedikit matahari dengan warna merah menyala yang akhirnya terbentuklah bulatan besar SUNRISE, maka kekaguman yang akan dirasakan atas kebesaran dan kekuasaan sang pencipta alam semesta ALLAH yang maha Agung.
Pada suatu hari dimusim kemarau masyarakat desa sekitar Posong terkena dampak krisis air, teringatlah para tokoh masyarakat setempat akan adanya mata air yang cukup besar diatas posong, maka dengan mengajak beberapa penduduk naik ke lembah dengan maksut mengalirkan dan menyalurkan melalui pralon-pralaon untuk dialirkan ke desa sekitar. Akan tetapi diluar dugaan sumber mata air yang sangat besar itu tiba-tiba mengering. 

Bahkan beberapa orang kemasukan roh halus, kejang-kejang dan kesurupan, bahkan beberapa orang yang kesurupan mengatakan dengan suara gemuruh dan menakutkan akan menumpas penduduk apabila tetap mengambil air tanpa nanggap kuda lumping tiga hari tiga malam.setelah orang pintar menyembuhkan beberapa orang yang kesurupan, dan pagi harinya disuguhkan kuda lumping tiga hari tiga malam,diluar dugaan mata air mengalir kembali dan dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar hingga sekarang. 

Untuk pemerintah setempat agar mengembangkan dan membuat fasilitas-fasilitas pendukung, sebab bila ditangani secara profesional bukan tidak mungkin para wisatawan domestik bahkan wisatawan manca negara akan berdatangan yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat sekitar bahkan akan mendatangkan DEVISA (dimensilain.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.