12 September 2016

author photo
Jamaah haji tahun ini bisa mengambil keuntungan dari teknologi tinggi yang tersedia pada smartphone mereka. Kini para jamaah bisa mengabadikan setiap momen perjalanan haji mereka dan bisa berbagi dengan orang-orang tercinta saat pulang kembali ke rumah, Alarabiya melaporkan.


Kamal Badawi, seorang insinyur dari Makkah Arab Saudi mengatakan teknologi telah menjadi bagian dari haji. Bahkan Badawi telah bekerja sama dengan insinyur Palestina, Manal Dandis, untuk menciptakan ‘payung pintar’ yang mampu melindungi para jamaah dari teriknya matahari Makkah.

Payung ini menggunakan energi surya sebagai sumber listrik dan dilengkapi dengan port USB, kipas angin, lampu senter dan sistem GPS untuk mencari keluarga atau teman mereka yang hilang. Payung ini memiliki sepuluh panel surya yang mengubah sinar matahari menjadi angin segar dan dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel.

Badawi, yang telah bekerja sebagai sukarelawan haji selama puluhan tahun ini mengatakan bahwa payung pintar ini membantu para jamaah yang hilang di keramaian dengan smartphone.

Badawi juga berhasil menciptakan aplikasi “Wussul” atau “Kedatangan” dalam bahasa Arab. Aplikasi ini berfungsi memberikan informasi tentang daftar jalan dengan GPS yang memungkinkan sebuah kelompok untuk menemukan anggota mereka jika tersesat di keramaian. 

Sumber : Islampos.com (Google Images)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...