Perpaduan Makanan Sehari-hari yang Keliru

Dalam makanan sehari-hari, masyarakat biasanya punya beberapa kebiasaan memadukan makanan, tapi ada sejumlah perpaduan makanan yang tidak cocok, apabila berlebihan, tidak hanya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman secara fisik, tapi juga mengurangi nilai gizi dari makanan, memicu terjadinya keracunan makanan, karsinogenik dan gangguan lainnya. Jadi untuk memadukan makanan itu sebaiknya lebih hati-hati dan teliti, jangan sampai makanan yang sudah terlanjur masuk ke dalam perut berdampak pada kesehatan Anda.


Agar masyarakat bisa mengetahui secara jelas makanan apa saja yang tidak baik dicampur bersama, ahli gizi Liao Mei merekomendasikan  jenis kombinasi makanan yang tidak tepat :

Teh dengan telur

Sebagian besar orang suka merebus telur dengan campuran air teh yang pekat, meskipun aroma harum tehnya terasa kental saat disantap, tapi teh kental banyak mengandung asam tanat. Perlu diketahui, asam tanat dapat mengubah protein telur itu menjadi zat padat yang sulit dicerna, sehingga memengaruhi penyerapan dan pemanfaatan tubuh terhadap protein.

Susu dengan cokelat

Susu kaya akan protein, kalsium dan gizi lainnya, sementara cokelat mengandung asam oksalat, ketika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, akan membuat kalsium dalam susu menyatu dengan asam oktalat yang terkandung dalam cokelat, kemudian membentuk kalsium oksalat yang tidak larut air. Jadi tidak hanya akan menurunkan serapan tubuh setelah mengonsumsinya, tapi juga memengaruhi pertumbuhan dan 

perkembangan, bahkan juga rentan mengalami diare, rambut kusam dan gejala lainnya.

Tahu dengan bawang


Tahu kaya akan protein, kalsium dan nutrisi, sementara bawang mengandung sejumlah besar asam oksalat, ketika kedua jenis makanan ini dicampurkan, akan membentuk kalsium oksalat. Jika selalu mengonsumsi tahu tumis atau masak bawang, salad tahu campur bawang atau semacam hidangan lainnya dari kombinasi ini, akan membuat tubuh kekurangan kalsium. Direkomendasikan ketika mengolah masakan menggunakan bawang, bayam, seledri, wortel dan sayuran yang banyak mengandung asam oksalat dengan campuran makanan multi kalsium, Anda bisa memanaskan sebentar sayuran yang banyak kandungan asam oksalatnya, sehingga dengan demikian dapat menghilangkan sebagian besar kandungan asam oksalat.

Minuman asam laktat dengan ham

Kombinasi sarapan sehari-hari yang umum ditemui biasanya berupa yoghurt dengan sandwich sebagai menunya, tapi sebaiknya hati-hati dengan ham, bacon atau daging olahan lainnya dalam isi sandwich itu, karena biasanya akan ditambahkan nitrat sebagai pengawet untuk mencegah pembusukan dan clostridium botulinum(bakteri berbentuk batang ). Ketika asam laktat, asam malat, asam sitrat dalam yoghurt dan asam organik lainnya menyatu dengan nitrat, akan berubah menjadi nitrosamin yang mengandung karsinogen (zat penyebab kanker).

Source erabaru.net (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.