Aktivitas Fisik 2 Menit Per Jam Membuat Lebih Muda 10 Tahun

Olahraga ringan dapat mencegah berbagai penyakit, beberapa orang mungkin karena hal tersebut pergi ke pusat kebugaran atau berlari, tetapi sering kali hanya panas-panas tahi ayam, tidak dilakukan dengan rutin. Namun, jika di tempat kerja setiap jam bangun dan melakukan aktivitas fisik selama 2 menit, kemungkinan konsistensinya bakal lebih tinggi.


Menurut CNA (Central News Agency) yang mengutip Nikkan Sports, tidak semua orang memiliki waktu untuk ke pusat kebugaran setiap hari, namun apabila di tempat kerja setiap jam bangun dan bergerak selama 2 menit, kemungkinan bisa berjalan dengan konsisten. Makalah ini dikutip dari University of Utah Amerika Serikat yang pada April 2015 lalu menerbitkan penelitian yang menunjukkan setelah lama dalam posisi duduk lantas melakukan sedikit aktivitas fisik akan bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut makalah itu, setelah duduk selama satu jam, dan bangkit dari kursi maka tidak berefek signifikan untuk kesehatan, tetapi jika setelah bangkit terus melakuka aktivitas fisik sederhana selama 2 menit, maka tidak hanya dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, bahkan risiko kematian juga mengalami penurunan 33%. Yang dimaksud dengan aktivitas fisik sederhana termasuk berjalan, berkebun, membersihkan rumah dan lain-lain, hal itu sangat berguna bagi orang kantoran yang pekerjaannya dalam posisi duduk sepanjang hari.


Caranya: Setelah bekerja di depan komputer selama satu jam, berdirilah dan berjalan-jalan di sekitar kantor, jika tidak leluasa melakukan hal seperti itu, maka lakukan berjalan cepat pergi ke kamar mandi di lantai yang berbeda lalu bergegas kembali ke ruangan Anda. Atau ketika berdiri di mesin fotokopi berjalanlah dengan cepat di tempat dan lain sebagainya, sehingga selain untuk mengembalikan semangat, juga bermanfaat dapat meningkatkan efisiensi kerja.

Jika sedang berada di rumah, maka bisa bergerak dengan bebas. Anda dapat melakukan senam, atau dapat memanfaatkan waktu singkat 2 menit itu untuk menyapu, rumah pun menjadi bersih, sehingga dengan sekali mendayung 2 pulau terlampaui.

Khususnya bagi lansia yang jarang berolahraga, rentan terhadap tekanan darah tinggi, diabetes dan lain-lain, lantaran fungsi otot, jantung dan paru-paru telah menurun, seluruh tubuh pun terasa loyo. Meski demikian, cobalah lakukan 2 menit gerakan setiap jamnya dengan menggerakkan anggota badan, hal itu tidak sampai menyulitkan para manula. Dianjurkan manula di rumah juga harus direkomendasikan artikel ini.

Source erabaru.net (berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.