Sungai Paling Jernih Di Dunia

Baca juga:

Sungai yang jernih dan bersih merupakan harapan pemerintah kota dan juga semua warga negara Indonesia khususnya warga DKI Jakarta. Sungai yang bersih air nya jernih tentu akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Terlebih di kota besar keberadaan sungai bersih tentu akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa bukan.

Nah berbicara tentang sungai jernih dan bersih airnya, ternyata di bumi ini ada beberapa negara yang sedari dulu sudah menjaga dan melestarikan kebersihan sungai yang ada di dalam kota. Bahkan sungai di Inggris pun yang awalnya menjadi sungai pembawa bencana kini telah menjelma menjadi sungai yang begitu dikagumi banyak orang. Penasaran? Berikut ulasan singkatnya.

Sungai Thames Sungai Terjernih di Inggris

Sungai paling jernih dan bikin sejuk kita semua sebagai penghuni bumi adalah Sungai Thames yang mengalir bebas di negara Inggris. Sungai ini di nobatkan sebagai sungai paling bersih di negara tersebut, dan merupakan sungai yang sangat dikagumi di dunia. 

Sungai Thames, Inggris
Padahal jika menilik kebelakang jauh 50 tahun sebelumnya sungai ini merupakan sungai kotor dan tercemar. Bahkan saking kotor dan tercemarnya sungai tersebut puluhan ribu orang meninggal karena kolera yang berasal dari sungai tersebut.

Namun semua berubah ketika pemerintah mulai menemukan solusi dan membuat sungai ini menjadi jernih dan enak di pandang. Untuk menjaga kebersihan dan juga kejernihan sungai ini pemerintah Inggris kala itu menanami sungai Thames dengan tanaman obat yang dapat membersihkan air sungai. Hebat yah.

Sungai Tara Bersih dan Jernih di Tiga Negara 

Sungai tara merupakan sungai paling jernih selanjutnya, sungai ini merupakan surga kehidupan bagi 3 negara kecil di Eropa. Yah kebersihan dan jernihnya air di sungai ini telah menjadi sumber kehidupan bagi negara Montegro, Bosnia dan Herzegovina. Sungai ini merupakan sungai diantara pertemuan sungai Opasnica dan Verusa di Gunung Prokletije bagian dari Pegunungan Alpen Montenegro.

Sungai Tara, Bosnia
Sungai ini memiliki panjang 144 Km yang terbagi dalam dua wilayah dimana 110 Km berada di montenegro dan sisanya berada di Bosnia dan Herzegovina. Sungai Tara mengalir dari selatan ke utara, lalu utara ke barat dan menyatu dengan Piva di Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro perbatasan antara desa Šćepan Polje (Montenegro) dan Hum (Bosnia dan Herzegovina) untuk membentuk sungai Drina.

Sungai Jernih dan Sejuk St. Croix Amerika Serikat

Sungai jernih berikutnya adalah Sungai St Croix River yang merupakan anak sungai dari Sungai terbesar di dunia yakni Missisipi. Sungai ini memiliki panjang aliran mencapai 164 mil atau setara dengan 264 km. 

Sungai St. Croix, Amerika Serikat
Uniknya, pada jarak 125 mil ke bawah dari sungai ini, terbentuk sebuah perbatasan antara negara bagian Wisconsin dan Minnesota. Sungai yang berada di bawah perlindungan National Park Service ini juga memiliki sebuah pembangkit tenaga air yang akan memasok listrik ke Minneapolis-St Paulus Metropolitan Area.

Sungai Torne Pembelah Dua Negara Paling Dingin di Dunia

Sungai Torne terletak di bagian utara Swedia dan Finlandia. Sekitar setengah dari sungai ini merupakan bagian dari perbatasan antara kedua negara. 


Sungai ini dialiri oleh Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia dan mengalir umumnya ke arah tenggara untuk jarak 522 kilometer (324 mil) ke Teluk Bothnia. 

Sungai Torne, Swedia
Sungai ini merupakan sungai terbesar di Norrbotten (Swedia Utara) baik panjangnya sungai maupun wilayah aliran sungai dan juga salah satu sungai terbersih di dunia. Sumber dari Sungai Torne yaitu Danau Torne dekat perbatasan dengan Norwegia.Sungai Torne mengalir tanpa hambatan oleh konsentrasi kegiatan penduduk manusia sampai desa Kurravaara, sekitar 12 kilometer (7 mil) timur laut dari Kiruna.

Sungai Li Terjernih di Asia (China)

Selain Eropa dan Amerika ternyata di Asia pun ada salah satu sungai yang dikatakan sungai terbersih karena begitu jernih airnya. Yah salah satunya adalah Sungai Li yang berada di China tepatnya di Guang Xi. 

Sungai Li, China
Sungai Li berasal dari Pegunungan Mao’er di Xing’an County yang kemudian mengalir kea rah selatan melalui Guilin, Yangshuo, dan Pingle. Setelah sampai di Pingle, Sungai Li akan menyatu dengan dua aliran lain, dan terus mengalir menuju selatan Sungai Gui yang jatuh ke dalam Jiang Xi. Jiang Xi merupakan anak sungai barat dari Sungai Pearl, yang terletak di Wuzhou. Sungai Li dan Sungai Gi diapit oleh perbukitan hijau yang indah tepat di kilometer 437.

Sumber : anakregular.com (berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.