Ternyata Gado-gado Adalah Makanan Super Bergizi

Baca juga:

Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur dan pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk saus gado gado kentang rebus dimasak bersamaan dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.


Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Rupanya simakanan campur campur sayuran ini memiliki banyak manfaat dan mengandung gizi yang tinggi. dan manfaat yang bagus untuk tubuh. Lalu apa saja yang ada di dalam gado-gado tersebut.?

1. Wortel
Wortel terutama kaya akan anti-oksidan, vitamin dan serat,  dan hanya mengandung 41 kalori per 100 g. Jadi wortel rendah lemak dan kolesterol. dengan kandungan anti-oksidan wortel dapat membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel pembentukan kanker di tumor .dan juga kandungan Vitamin A, B, C yang sangat baik untuk penglihatan, reproduksi pria, pemeliharaan epitel, pertumbuhan dan perkembangan  , dan  berguna sebagai co-faktor untuk enzim selama tubuh melakukan metabolisme substrat . 
Jangn lupa Worte juga mengandung Mineral penting   seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. 

2. Kangkung
Kangkung adalah salah satu sayuran sehat yang banyak sekali manfaatnya. Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Berdasarkan penelitian,  Kangkung juga menghasilkan indikasi manfaat untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan yang bersifat antiracun.

3. Touge
Salah satu manfaat tauge adalah dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Bagi penderita hipertensi, tauge juga dipercaya mampu mengatasi salah satu penyakit degeneratif tersebut. Selain itu, tauge juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Manfaat tauge lainnya juga bisa untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk kecantikan, membantu mencegah kanker payudara, mengatasi gangguan menjelang menstruasi dan lainnya. Selamat mencoba.

4. Kacang Tanah
Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya, manfaat yang terkandung dalam kacang tanah untuk Membantu Meningkatkan Kesuburan, Bantu dalam Peraturan Gula Darah, Membantu Mencegah Batu empedu, Membantu Tingkat Kolesterol Rendah, Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, 


5. Tahu
Tahu dapat menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). 

6. Cabe rawit
Siapa sangka ternyata cabai rawit juga merupakan antibiotik. Cabai mengandung senyawa seperti alkaloid, capsaicin, yaitu yang memberikan  rasa pedas yang kuat. Penelitian awal laboratorium pada hewan percobaan menunjukkan,  bahwa capsaicin memiliki anti-bakteri, anti-karsinogenik, memiliki sifat analgesik dan anti-diabetes. Hal ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol HDL pada orang kegemukan. 

7. Kol
Kubis mengandung sifat melawan kanker, termasuk lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indole-3-carbinol (I3C), dan sulforaphane, yang dapat membantu pertahanan enzim dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa sulforaphane dan I3C dalam kubis, keduanya telah terbukti meningkatkan efek anti kanker dari Taxol obat kemoterapi.

Sumber : TuanKepo, Wikipedia (Google Images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.