Ternyata Garam Dapat Picu Ledakan Yang Dahsyat

Baca juga:

Kita mengenal garam sebagai bumbu utama dalam sebuah masakan atau sebagai bumbu dapur yang wajib ada.Menurut Wikipedia dan dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Tapi anda tau bahwa garam dapat memicu ledakan yang dahsyat ? Seperti percobaan yang dilakukan youtuber Backyard Scientist yang menunjukkan bahwa garam yang dilelehkan memiliki daya ledak yang luar biasa.

Eksperimen Garam
Untuk membuktikan daya ledak garam ini Backyard Scientist melelehkan garam pada suhu sekitar 800 derajat Celcius. Setelah mencair, garam dituangkan ke dalam akuarium berisi air dingin. Tampak dalam video, beberapa saat setelah garam menyatu dengan air timbul ledakan yang menghancurkan kaca akuarium.

Percobaan yang dilakukan Backyard Scientist ini diilhami oleh prinsip reaktor nuklir yang disebut Molten Salt Reactor (MSR). Reaktor ini memanfaatkan garam cair sebagai elemen bakar. Prototipe reaktor ini pernah diperkenalkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1954. Kala itu, AS berupaya membangun bom nuklir strategis memanfaatkan kekuatan yang dimiliki garam.

Di tahun 1960-an, beberapa kali Amerika Serikat melakukan ujicoba nuklir dengan MSR ini. Namun upaya membangun “bom garam“ ini akhirnya dihentikan pada tahun 1973 akibat kurangnya dana.
Dan kini, beberapa dekade setelah percobaan bom garam dihentikan, Backyard Scientist mencoba mengulang uji coba AS itu. Walaupun dalam dalam skala yang lebih kecil, hasil percobaan cukup “menakutkan“.


Berikut video yang menunjukan betapa dahsyatnya ledakan yang diakibatkan oleh garam yang dilelehkan yang direkam dengan kecepatan kamera 5000 fps...


Mengerikan bukan reaksi yang didapatkan oleh garam yang telah dilelehkan ini.
(dw.com, youtube, wikipedia)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.