Unik, Cara Mengecas Smartphone Dengan Botol Plastik

Pernah mengalami baterai low disaat keadaan genting, pastinya akan membuat kita repot bukan. Bayangkan saja jika kita sedang asyik bermain maupun berselfie ria ataupun saat kita sedang menjelajahi hutan namun baterai hp tiba-tiba low dan  anda tidak membawa powerbank maupun charger, terasa petir menyambar di siang bolong. YouTuber Thomas Kim punya solusinya dan untuk itu ia membutuhkan botol plastik.

Ilustrasi Presentasi Baterai
Thomas Kim bisa mencas iPhonenya dengan menggunakan botol plastik, kawat, pelat plastik, motor stepper dan bantuan arus sungai. Motor stepper adalah perangkat elektromekanis yang bekerja dengan mengubah pulsa elektronis menjadi gerakan mekanis diskrit.

Alat untuk mencas hp
Pada video pendek yang ia unggah ke kanal YouTube, awal Juli tahun ini, ia menunjukkan bagaimana cara membuat generator hidroelektrik hanya dengan bermodalkan keempat benda di atas. Generator buatannya ini tidak hanya mampu mencas iPhone tetapi juga menyalakan lampu LED.


Memang tidak semua komponen yang digunakan oleh Kim pasti akan dibawa oleh seseroang yang hendak berjalan-jalan di hutan. Seperti misalnya voltage regulator (pengatur tegangan). Alat ini penting untuk bisa menyalurkan listrik ke sebuah alat tanpa membuatnya meledak.

Video-video Kim diberi caption 'Made by JM' penuh dengan eksperimen-eksperimen sains yang menarik. Beberapa bahkan cukup berbahaya.

Berikut videonya


(sandk, dw.com, youtube, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.