10 Istana Paling Indah di Eropa

Istana adalah sebuah bangunan besar atau mewah yang biasanya didiami oleh keluarga kerajaan, keluarga kepala negara atau petinggi lainnya. Kata istana kadang-kadang juga dipakai untuk merujuk kepada gedung besar yang merupakan pusat suatu lembaga.

Pertama kali mendengar kata istana pasti langsung teringat dengan istana-istana indah nan megah seperti yang ada di dalam sebuah film. Eropa adalah surganya istana-istana indah dan megah salah satunya adalah Istana Peterhof yang berada di Rusia. Istana-istana Eropa juga selalu menarik jutaan wisatawan tiap tahunnya untuk berkunjung. Arsitektur yang mengagumkan jadi kebanggaan benua yang kaya akan budaya ini. Mau tau istana apa sajakah yang paling indah di daratan Eropa ini, berikut ulasannya...

1. Istana Versailles di Perancis

Air Mancur Istana Versailles
Istana Versailles dekat ibukota Paris dengan ruangannya yang berjumlah 1.800 adalah salah satu istana paling besar di Eropa. Raja Perancis Louis XIV mendirikan istana yang jadi tempat kediamannya itu tahun 1677. Banyak penguasa Eropa lain mencontoh Versailles dalam mendirikan istana kediaman.

2. Istana Peterhof di Russia

Istana Peterhof
Istana Peterhof yang berada di dekat kota St. Petersburg, Rusia, dikenal dengan sebutan "Versailles Rusia." Istana tersebut berlokasi di teluk Finlandia dan diresmikan tahun 1723 oleh Tsar Pyotr I Yang Agung, yang menggunakannya sebagai istana musim panas. Kemungkinan istana itu paling dikenal karena patung-patung di kolam berair mancurnya, juga air terjun besar dan kolam Samson.

3. Istana Topkapi di Turki

Istana Topkapi
Istana Topkapi di Istanbul jadi pusat kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah pada pertengahan abad ke-15. Kompleks istana itu mencakup empat bangunan besar utama dan banyak bangunan kecil lainnya, yang jadi tempat tinggal 5.000 orang yang bekerja di istana itu.

4. Istana Windsor di Inggris

Istana Windsor
Istana ini adalah istana terbesar di dunia yang jadi kediaman. Istana ini berfungsi sebagai tempat tinggal kerajaan sejak jaman Raja Henry I. Batu pertama pembangunan diletakkan 1078. Istana Windsor juga pernah jadi penjara dan markas militer. Sekarang istana ini jadi kediaman utama Ratu Inggris. Jika ratu sedang berada di istana, bendera berkibar di atas menara Round Tower.

5. Istana Schönbrunn di Austria

Istana Schönbrunn
Hampir 300 tahun lalu, Ratu Maria Theresa mengubah istana Schönbrunn di Wina menjadi pusat kehidupan sebuah kerajaan Eropa. Sekarang sekitar tiga juta wisatawan berkunjung ke sana untuk mengagumi istana yang dibangun pada masa kejayaan kekaisaran Austria-Hongaria.

6. El Escorial di Spanyol

Istana El Escorial
El Escorial di dekat ibukota Madrid luasnya 207 kali 161 meter, ini menjadikannya bangunan terbesar di dunia dari masa Renaissance. Tidak heran, jika Spanyol senang menyebutnya Keajaiban Dunia yang ke delapan. Kompleks istana itu mencakup antara lain sebuah biara dan ruang besar berisi 26 makam sebagian besar raja dan ratu Spanyol, yang terbuat dari marmer.


7. Istana Hluboká di Republik Ceko

Istana Hluboká 
Istana yang dulu tempat kediaman penguasa Schwarzenberg Bohemian sekarang jadi salah satu istana populer di Republik Ceko. Atraksi wisata yang banyak dikunjungi adalah koleksi kertas penghias dinding dari Belgia, yang berasal dari abad ke tujuh.

8. Istana Neuschwanstein di Jerman

Istana Neuschwanstein
Raja Ludwig II dari Bayern ingin memiliki istana dengan gaya abad pertengahan. Karena itu ia mendirikan istana ini. Ludwig II senang dengan proyek-proyek konstruksi, dan istananya jadi inspirasi bagi istana Wartburg di Thüringen. Tapi Raja Ludwig meninggal sebelum istana selesai didirikan 1886. Sekarang istananya jadi sasaran turis mancanegara.

9. Istana Doge di Italia

Istana Doge
Doge adalah sebutan bagi penguasa terbesar di Republik Venesia jaman dulu. Istana Doge yang megah jadi tempat kediamannya, juga jadi simbol kekuatan besar di laut dan di bidang perdagangan. Istana dengan gaya Gothik Venesia berkali-kali dihanguskan api dan dibangun kembali. Seperti umumnya jaman sekarang, istana itu jadi museum.

10. Istana Pena di Portugal

Istana Pena
Pakar sejarah seni sering mengeluhkan paduan gaya pada istana ini, yang jadi campuran antara klasik, murahan dan bahkan mirip Disneyland. Tapi wisatawan menyukai istana di kota Sintra itu. Sejak abad ke-14 istana Pena sudah digunakan keluarga kerajaan Portugal sebagai istana musim panas. (Olaf Tost, sandk, dw.com, wikipedia, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.