4 Khasiat Atau Manfaat Biji Semangka Yang Jarang Orang Ketahui

Siapa sih yang gak suka sama buah yang mengandung air sangat banyak ini. Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. 

Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.
Ternyata biji semangka tidak hanya enak untuk dibuat seperti kuaci, ternyata biji semangka mempunyai banyak manfaat dan bergizi loh. Bukan cuma daging semangka yang berkhasiat bagi tubuh, bijinya juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti dilansir Livestrong.com, biji semangka yang telah dikeringkan dan dipanggang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa komponen nutrisi dari biji semangka dan juga tentunya manfaat serta khasiat dari biji semangka yang jarang orang ketahui.

Buah Semangka
1. Protein

Biji semangka tinggi protein. Protein dalam biji semangka terdiri dari beberapa asam amino, salah satunya adalah arginin. Beberapa manfaat kesehatan dari arginin termasuk mengatur tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner. Beberapa asam amino lainnya yang membentuk protein dalam biji semangka, termasuk triptofan, asam glutamat, dan lisin.

2. Vitamin B

Biji semangka kaya akan sarat dan mengandung beberapa vitamin B. The American Cancer Society melaporkan bahwa vitamin B diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi dan mendukung fungsi tubuh. Vitamin B yang paling mudah ditemukan dalam biji semangka adalah niacin. Niasin dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf, sistem pencernaan dan kesehatan kulit. Vitamin B lainnya yang ditemukan dalam biji semangka termasuk folat, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat.

3. Mineral

Biji semangka mengandung banyak mineral. Magnesium adalah mineral yang paling banyak ditemukan dalam biji semangka. Menurut National Institutes of Health, magnesium membantu mengatur tekanan darah dan metabolisme karbohidrat, yang juga memiliki efek positif pada gula darah. Mineral penting lainnya yang ditemukan dalam biji semangka adalah fosfor, zat besi, kalium, natrium, tembaga, mangan, dan seng.

Baca Juga :

  1. 13 Manfaat Dari Daun Afrika Untuk Kesehatan Kita
  2. Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

4. Lemak

Lemak lainnya yang ditemukan dalam biji semangka adalah lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan asam lemak omega-6. The American Heart Association melaporkan bahwa lemak ganda dan tunggal dapat mengurangi kolesterol darah, dan asam lemak omega-6 dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. (Ref: sandk, livestrong.com, merdeka.com, wikipedia.org)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.