5 Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia

Baca juga:

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian, kebanyakan kasus kematian akibat penyakit kanker paling banyak dari kawasan negara berkembang.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Penyakit memang tidak bisa diprediksi kapan dan seperti apa bentuknya. Namun menjalankan pola hidup sehat sejak awal sangatlah membantu untuk mencegah munculnya penyakit mematikan seperti kanker. Untuk meningkatkan kewaspadaan akan penyakit ini, American Cancer Society di tahun 2016 mengeluarkan daftar penyakit kanker yang paling mematikan. Berikut adalah informasinya...

1. Kanker Liver

Tahapan Kanker Liver
Kebanyakan dari kamu mengetahui bahwa lever hanya berfungsi untuk menyaring racun. Namun, organ dalam ini juga berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan gula menjadi energi, menjaga kesehatan pencernaan, serta mencegah pembekuan darah.

Ketika sel kanker berkembang di lever, maka seluruh fungsi dan organ dalam tubuh bisa terganggu. Pria merupakan makhluk yang berisiko lebih tinggi untuk terkena jenis kanker ini dibandingkan dengan wanita. Dan deteksi secara dini bisa membantu mencegah efek fatal dari penyakit ini.

2. Kanker Payudara

Ilustrasi Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi di kalangan wanita. Selain wanita, pria pun berpotensi untuk terkena penyakit yang sama.

Ada beberapa faktor yang membuat wanita berisiko besar untuk terkena kanker payudara yaitu genetika, terapi penggantian hormon, serta konsumsi alkohol.  Gejala dari penyakit ini adalah perubahan di puting yang tidak biasa, benjolan mencurigakan, serta berubahnya ukuran payudara.

3. Kanker Pankreas

Kanker Pankreas
Berdasarkan estimasi, kanker pankreas bisa membunuh sekitar 42.000 setiap tahun. Kanker pankreas bisa menjadi sangat membahayakan sebab tidak ada tanda awal dari munculnya penyakit ini.

Beberapa penderita mengalami gejala yang berbeda-beda seperti rasa sakit di perut bagian atas atau belakang, kehilangan nafsu makan, atau mudah lelah. Untuk itulah deteksi dini akan adanya potensi penyakit ini sangatlah diperlukan.

4. Kanker Usus

Kanker Usus Berdasarkan Stadium
Kanker usus diprediksi menjadi kanker kedua yang paling mematikan baik bagi pria maupun wanita. Kanker usus biasanya dimulai dengan pertumbuhan polip di usus besar. Ketika hal ini tidak terdeteksi, maka secara cepat akan berkembang menjadi kanker yang ganas. Pola hidup yang tidak sehat dianggap menjadi faktor terbesar munculnya kanker usus.

5. Kanker Paru-Paru

Paru normal (kiri) Kanker paru (kanan)
Kanker paru-paru menduduki peringkat teratas sebagai kanker yang mematikan. Setidaknya 158.000 terbunuh karena kanker ini.

Baca Juga : 
  1. Inilah 5 Macam Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Pemanasan Global
  2. Catat, 6 Jenis Bau Keringat Ini Bisa Mengidentifikasikan Kesehatanmu Lho!

Merokok tetap menjadi faktor utama dari munculnya kanker paru-paru. Perokok sendiri berisiko 80-90% untuk terkena kanker paru. Selain rokok, paparan udara kotor secara terus-menerus yang bersifat karsinogen berpotensi menyebabkan kanker ini. (Ref: sandk, merdeka.com, cancer.org, yayasankankerindonesia.org, wikipedia.org)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.