5 Manfaat Dari Bunga Asoka

Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian. Di Indonesia, dikenal dua jenis bunga asoka, yakni pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Biasanya tanaman ini digunakan untuk penghijaun maupun tanaman hias. Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.

Tanaman asoka berbunga ketika menjelang musim hujan tiba. Bunganya dapat bertahan selama 3-4 bulan dan biasanya untuk memperbanyak tanaman ini, sang pemilik akan melakukan pencangkokan atau lewat biji langsung. Untuk perawatannya sendiri, bunga tanaman ini cukup dipupuk sekali selama 3 bulan.

Berdasarkan kandungan dan fakta tersebut, tentu kita juga mengetahui bukan bagaimana khasiat dan manfaat bunga asoka untuk tubuh. Yuk langsung saja simak ini manfaat dari bunga asoka!

Bunga asoka
1. Mengatasi Disentri Homorganic dan Wasir. 

Caranya cukup dengan menumbuk bunga asoka dan tambahkan sedikit air matang, kemudian diminum setengah gelas saja.

2. Mengobati luka memar. 

Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka beserta daunnya sebanyak 30 gr, umbi dari daun dewa sebanyak 10 gr, dan bunga mawar yang dikeringkan sebanyak 10 gr dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum dua kali sehari setelah makan.

3. Melancarkan haid yang tidak teratur. 

Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka dan mawar sebanyak 15 gr dengan 90 gr daun Aloe Vera yang telah dibersihkan dan dipotong-potong menggunakan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 200 cc. Kemudian saring dan minum dua kali sehari, masing – masing 100 cc.

4. Mengobati kram pada betis. 

Caranya adalah dengan merebus 2 tangkai bunga Asoka, 30 gr daun sembung yang masih segar, dan 3 kuntum bunga mawar dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari setelah makan.

Baca Juga: 
  1. 10 Manfaat Dari Bunga Bougenville Untuk Keshatan Anda
  2. Khasiat dan Manfaat Dari Tanaman Krokot Untuk Kesehatan
5. Mengatasi tekanan darah tinggi. 

Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka dengan air murni sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Lalu minum satu gelas sehari setelah makan malam.

Nah itu dia manfaat dari bunga asoka. Dan cara meraciknya bisa kamu praktekan dirumah. Semoga bermanfaat ya (diahanggra, 1001manfaat-alami.blogspot.co.id)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.