6 Bahaya MSG Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga:

Monosodium glutamat, juga dikenal sebagai sodium glutamat atau MSG, merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami. 

Food and Drug Administration A.S. mengklasifikasikan MSG sebagai Generally Recognized as Safe (GRAS/Secara Umum Diakui Aman) dan Uni Eropa sebagai zat tambahan makanan. MSG memiliki Kode HS 29224220 dan Nomor EC E621. Glutamat dalam MSG memberi rasa umami yang sama seperti glutamat dari makanan lain. Keduanya secara kimia identik. Produsen makanan industri memasarkan dan menggunakan MSG sebagai penguat cita rasa karena zat ini mampu menyeimbangkan, menyatukan, dan menyempurnakan persepsi total rasa lainnya.

Namun di balik kelezatannya tersebut, MSG ternyata bisa menimbulkan dampak yang buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak. Salah satunya adalah efek ketagihan dan kecanduan, yang bakal membuat kamu ingin terus memakan makanan mengandung MSG. Parahnya, buat cewek MSG ini bikin angka di timbangan kamu melaju dengan pesat.

MSG
1. MSG dapat menyebabkan gemuk

Rasa ketagihan yang disebabkan oleh MSG, dapat membuat anda ketagihan berlebihan atau ketagihan terus-menerus terhadap makanan yang mengandung MSG ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di China yang melibatkan 752 orang sehat usia 40-59 Cina yang diambil dari sebuah desa di China. Sebagian diminta makan makanan komersial yang mengandung MSG dan sebagian di minta makan makanan yang sehat tanpa MSG. Mereka beraktivitas seperti biasa dan hasilnya orang yang makan makanan yang mengandung MSG memiliki indeks berat badan yang lebih tinggi dibanding yang lain.

2. MSG dapat menyebabkan kerusakan otak

Pada dasarnya MSG adalah penguat rasa makanan yang dapat merangsang kinerja otak untuk merespon nafsu makan. Jika terus-menerus mengkonsumsi MSG, dapat dibayangkan bahwa otak anda akan terpacu secara berlebihan terutama bagian otak yang bertugas mengendalikan nafsu makanan.

3. MSG dapat memacu peradangan hati

Mengkonsumsi MSG secara berlebihan menyebabkan kerja hati menjadi tidak normal yang dapat memicu terjadinya peradangan hati.

4. Mayoritas makanan cepat saji menggunakan MSG

Hal ini masuk akal juga. Selain dapat menjadi penguat rasa makanan, MSG juga dapat membantu mengawetkan makanan. Berhati-hatilah dalam memilih makanan. Pastikan anda benar-benar mendapatkan informasi fakta yang sesungguhnya dari makanan yang akan anda beli.

Baca Juga:
  1. 10 Manfaat Dari Bunga Bougenville Untuk Keshatan Anda
  2. Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

5. MSG adalah penguat rasa yang paling banyak digunakan di dunia

MSG saat ini digunakan di banyak sekali makanan komersial. Jadi pastikan selalu berhati-hati dalam memilih makanan. Terutama jika anda memiliki anak kecil. Alangkah berbahayanya jika anak kecil sampai mengkonsumsi MSG. Pilihlah makanan sehat yang aman dikonsumsi setiap hari dan pastinya bebas MSG serta bebas bahan pengawet.

6. MSG dapat memperlambat perkembangan kecerdasan anak

Kandungan MSG dapat mengganggu kinerja otak. Dalam jangka waktu tertentu dapat memperlambat perkembangan kecerdasan otak anak anda. Jadi sayangilah anak anda dengan memilih makanan sehat.

Nah itu dia bahaya dari MSG. Bagi kalian yang sayang dengan tubuh kalian, kurangilah MSG ya. Semoga bermanfaat ya. (diahanggra, tiara-food.com)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.