6 Hantu Daerah Yang Tak Kalah Menyeramkan

Di Indonesia semua masyarakatnya mengenal yang namanya hantu, masing-masing daerah pasti mempunyai hantu yang terkenal di daerahnya. Bagi orang Indonesia pastinya mengenal hantu-hantu seperti kuntilanak, pocong, genderuwo, tuyul dan lain sebagainya.

Nama-nama hantu tersebut memang sangat populer dan melegenda dari dulu hingga sekarang dan sering sekali dijadikan sebuah film. Karena Indonesia sangat luas, ada banyak sekali kisah-kisah hantu berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat. Hantu-hantu dari daerah ini memang belum terlalu terkenal seperti nama hantu yang sering kita dengar, namun sama mengerikannya dengan hantu umum yang biasa kita dengar bahkan lebih seram. Berikut ini adalah 6 hantu yang tak kalah seram dari hantu lainnya yang ada di Indonesia...

1. Oreng Pote - Bawean

Hantu Orang Pote
Pernah berkunjung ke pulau Bawean? Ya, pulau kecil yang ada di tengah laut Jawa itu bisa kamu temukan di utara kota Gresik. Kendati kecil, Bawean dihuni oleh banyak sekali suku bangsa dan penduduk mereka sudah melakukan plesir pekerjaan sampai ke Malaysia, Singapura, Vietnam bahkan Australia.

Namun Bawean tak hanya dikenal akan pemandangan pantai yang indah. Konon katanya di sana ada banyak sekali hantu-hantu yang mengerikan mulai dari ilung lanjang, matianak, poncong, mata mera hingga oreng pote. Bahkan oreng pote banyak dihindari warga Bawean karena dipercaya sebagai pembawa mala petaka. Oreng pote adalah hantu dengan kulit seputih mayat dan menyerupai manusia. Hanya saja kalau oreng pote tiba-tiba datang padamu, maka akan ada petaka atau bencana di sana.

2. Antu Banyu - Palembang

Ilustrasi Antu Banyu
Ada satu hantu yang sangat populer di kalangan masyarakat Sumatera Selatan yakni hantu sungai yang disebut antu banyu. Sudah diceritakan turun temurun, antu banyu disebut-sebut berada di sungai Musi dan Muara Dua. Penampakan antu banyu sendiri adalah sosok berambut panjang dan keras yang berat dan tajam. Tak heran kalau antu banyu singgah di perahu atau kapal, maka bisa tenggelam.
Nantinya antu banyu yang mendadak singgah di perahu akan menyantap manusia di perahu tersebut. Nantinya mangsa antu banyu akan ditemukan dalam kondisi terapung dengan ubun-ubun atau punggung sum-sum tulang belakang dalam kondisi bolong.

3. Suanggi - Papua

Ilustrasi Hantu Suanggi
Penduduk kawasan Papua dan Maluku percaya jika ada hantu mengerikan yang sudah dipercaya dari generasi ke generasi ada di sana bernama Suanggi. Konon katanya suanggi adalah penyihir atau orang semacam dukun yang berilmu hitam tinggi. Dalam banyak kisah disebut kalau suanggi begitu seram dengan mata merah dan gigi tajam.

Bahkan suanggi hobi memakan daging manusia yang dia lakukan dari jarak jauh. Waktu mengincar korban, suanggi bakal terbang dengan pelepah daun dan masuk ke rumah si malang. Nanti usai korban tewas, suanggi bakal menjilati luka-lukanya dan sembuh ajaib. Bahkan beberapa korban suanggi dipercaya hidup lagi hingga akhirnya tewas kemudian secara mengenaskan. 

4. Hantu Ndhas Nggluntung - Pemalang

Ilustrasi ndhas nggluntung
Penduduk kota Pemalang meyakini ada sosok hantu mengerikan bernama ndhas nggluntung (kepala menggelinding). Seperti namanya, hantu ini berwujud kepala manusia yang menggelinding seperti bola. Banyak orang percaya kalau si ndhas bisa dijumpai di beberapa jalan yang menurun dan sepi.
Saat ndhas nggluntung bakal menampakan diri, kamu akan mendengar suada benda terjatuh keras seperti GEDHEBUGG! dan menggelinding di malam hari. Namun saat benda itu didekati, justru itu adalah hantu ndhas nggluntung,

5. Jerangkong - Jawa

Jerangkong
Namanya adalah jerangkong yang berarti tulang-belulang manusia. Karena memang hantu jerangkong ini berwujud tulang manusia lengkap dengan tengkoraknya yang berjalan-jalan di malam hari. Karena terbentuk dari tulang-belulang, suara jerangkong saat muncul begitu mengerikan seperti gemeletuk tulang misterius.

Dipercaya, jerangkong akan muncul di lingkungan sepi yang warganya banyak memelihara ayam. Jerangkong sendiri keluar dari dalam kuburan yang mengeluarkan asap. Sungguh, membayangkan bunyi jerangkong berjalan-jalan di rumahmu saja sudah bikin bergidik ngeri.

6. Palasik - Minang

Palasik
Suku Minang menyebut hantu ini sebagai Pelesit. Menurut kisah legenda yang ada, palasik pada dasarnya bukanlah hantu. Namun makhluk gaib ini adalah manusia dengan ilmu hitam sangat tinggi. Apalagi ilmu palasik dipercaya turun-temurun di mana jika sang ayah/ibu adalah palasik, maka anaknya akan punya ilmu jadi palasik.

Baca Juga : 
  1. Penampakan Sesosok Hantu di Salah Satu Rumah di Kota Wiltshire, Inggris
  2. 3 Mitos Menyeramkan Dibalik Eksotisnya Tempat Wisata

Yang ngeri, palasik hobi makan janin bayi yang masih ada dalam kandungan ataupun yang sudah meninggal dunia dan dikubur. Nantinya palasik bakal melepaskan kepalanya dari tubuh dan keduanya mencari makanan. (Ref: sandk, kapanlagi.com, berbagai sumber, google images)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.