7 Bahaya Akibat Gigi Berlubang

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata.

Selain membantu mengawali proses pencernaan. Ternyata mempunyai manfaat lain lho, diantaranya adalah sebagai tolak ukur kesehatan dan perawatan diri individu. Jika kamu memiliki gigi yang bersih dan terawat dengan baik, maka kamu sangat bisa menjaga kesehatan tubuhnya

Iliustrasi Gangguan Gigi
Gangguan pada gigi

Namun demikian, ternyata banyak sekali masalah masalah yang dapat menghampiri kesehatan gigi anda. Dan juga sebagian besar dari masalah-masalah yang mempengaruhi kemunculan masalah tersebut, yakni diakibatkan  akibat dari kurangnya perawatan pada gigi anda, salah satunya tidak rajin menggosok gigi. Hal inilah yang menyebabkan banyak kuman yang menempel dan juga menyebabkan gangguan pada gigi. 

Berikut ini adalah beberapa ganguan kesehatan yang dapat menyerang gigi anda :
  • Gigi berlubang
  • Karang gigi
  • Abrasi gigi
  • Gigi kuning dan tidak sehat

Salah satu jenis gangguan dan juga penyakit yang dapat menghampiri gigi anda, dan juga sepertinya merupakan salah satu gejala yang paling sering menyerang gigi anda adalah gigi berlubang. Ya, tidak hanya pada anak – anak saja, gigi berlubang juga ternyata gampang sekali menyerang orang dewasa. Penyebab utama dari gejala gigi berlubang ini pada dasarnya hanya satu, yaitu kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, sehingga dapat menyebabkan gigi yang berlubang.

Penyebab gigi berlubang terutama karena kuman dan bakteri yang menyebabkan gigi menjadi berlubang. Gigi berlubang, meskipun terdengar sepele, ternyata dapat berbahaya. Hal tersebut bisa menimbulkan beberapa gangguan kesehatan dan apabila tidak disembuhkan dengan segera akan menjadi menyebar dan menjadi titik lubang yang lebih banyak.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat muncul dari kondisi gigi berlubang :

1. Infeksi Pembuluh Darah

Bahaya pertama yang dapat muncul karena gigi berlubang adalah dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada pembuluh darah. Hal ini dapat disebabkan karena kuman, bakteri dan juga kotoran yang berasal dari gigi yang berlubang dapat masuk dan menginfeksi ke dalam pembuluh darah. Infeksi di dalam pembuluh darah ini sangat berbahaya. Selain dapat mengganggu kelancaran dari peredaran darah, infeksi tersebut bisa juga menyebar ke seluruh organ tubuh yang 
dialiri oleh pembuluh darah yang sudah terinfeksi tersebut.

Efeknya? Tentu saja akan menyebabkan munculnya infeksi pada organ tersebut. Nah, waspadai infeksi pembuluh darah ini juga bisa dikarenakan :
  • bahaya perokok pasif
  • efek samping cuci darah
  • penyebab gusi bengkak

2. Gigi terasa sangat ngilu

Bahaya gigi berlubang yang merupakan salah satu efek langsung dari gigi berlubang yang oleh penderitanya adalah ngilu yang berlebihan. Kondisi ini akan menyebabkan penderita gigi berlubang akan merasakan sakit dan juga ngilu, tidak hanya ketika makan, namun juga ketika sedang tidak melakukan aktivitas. Kemungkinan gigi akan terasa sakit dan juga terasa sangat ngilu, apalagi ketika gigi yang berlubang sudah masuk ke dalam syaraf gigi, yang pastinya akan sangat berbahaya dan menyakitkan.

3. Gangguan pada syaraf-syaraf gigi

Gigi berlubang yang tidak langsung diberikan penanganan medis yang tepat, juga akan menyebabkan bahaya lainnya yang tidak mengenakkan bagi tubuh anda. Hal ini akan mempengaruhi kondisi syaraf dari gigi anda. Terdapat kemungkinan syaraf gigi anda akan menjadi Mati atau rusak, sehingga hal ini dapat berakibat pada kondisi gigi yang tidak normal, rasa ngilu berlebihan, dan juga menyebabkan kondisi syaraf lainnya menjadi terpengaruh.

Gangguan syaraf secara umum ini memang banyak mempengaruhi kesehata, seperti terjadinya :
  • sering kesemutan
  • sering buang air kecil
  • impotensi

4. Radang pada gigi dapat menyebar ke organ lainnya

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, gigi yang berlubang dapat menyebabkan munculnya peradangan pada bagian gigi. Selain peradangan, yang tentu saja dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, hal ini juga dapat membuat munculnya peradangan pada organ-organ lainnya. Hal ini dapat terjadi ketika sel-sel yang mengalami peradangan dapat menyebabkan munculnya gangguan pada organ lain, seperti organ ginjal dan juga organ paru-paru. Peradangan ini sangatlah berbahaya, karena akan menyebabkan fungsi dari organ yang pastinya menjadi tidak optimal dan juga maksimal.

5. Keompongan dan kehilangan gigi

Bahaya gigi berlubang adalah dapat menyebabkan keompongan dan jufa kehilangan gigi. Hal ini dapat terjadi karena gigi berlubang yang bertambah parah dan juga tidak diobati dan juga disembuhkan secara total, akan membusuk dan juga tidak dapat berfungsi seperi biasanya. Apabila hal ini terjadi, maka tidak ada pilihan lain untuk mencabut gigi anda.

Baca Juga: 
  1. Inilah Hal Sepele Yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Kualitas Ingatanmu
  2. Inilah 6 Zat Paling Berbahaya Di Dunia Bagi Perkembangan Otak Bahkan Janin
  3. Hal Yang Menyebabkan Kinerja Otak Melambat


Pencabutan gigi ini tentu saja, selain dapat menyebabkan keompongan, juga akan menyebabkan terjadinya gangguan pada proses pencernaan dan juga penghalusan makanan. 

Masalah kehilangan gigi ini, juga bisa berakibat pada :
  • penyebab darah rendah
  • bahaya penyakit vertigo
  • penyakit akibat kekurangan protein

6. Sinusitis

Bahaya lainnya dari gigi berlubang yang tidak segera diatasi dengan cepat dan juga tepat adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan sinusitis. Gangguan sinusitis memang memiliki jaringan yang syarafnya saling berdekatan dan juga berhubungan dengan syaraf gigi. Sehingga, dengan adanya sakit gigi yang tidak ditangani secara tepat, akan menyebabkan munculnya gangguan sinusitis.

Sinusitis ini juga bisa terjadi karena kondisi berikut ini :
  • bahaya mandi malam
  • bahaya mandi saat masih berkeringat
  • keringat dingin
7. Komplikasi dan juga Kematian

Bahaya terakhir adalah kematian mendadak. Ya, apabila gigi berlubang sudah semakin parah dan juga tidak diatasi secara medis dengan tepat dan benar, maka hal ini akan menyebabkan munculnya komplikasi pada organ lainnya. Hal bukan tidak mungkin akan menyebabkan berbagai macam gangguan lain, seperti kanker, tumor yang dapat menyebabkan kematian.

Bahaya komplikasi pada organ ini juga bisa disebabkan oleh :
  • bahaya anemia
  • bahaya gigitan kelabang
  • gula darah tinggi

Itulah beberapa bahaya yang dapat muncul akibat dari gigi berlubang. Karena itu apabila anda sudah merasakan gejala gigi berlubang, segera periksakan ke dokter gigi terdekat dan juga lakukan pemeriksaan gigi 6 bulan sekali. (diahanggra, halosehat.com, wikipedia.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.