7 Kebiasaan Mandi Yang Tidak Baik Untuk Tubuh Kita

Baca juga:

Mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel-sel kulit yang sudah mati.

Secara tidak sadar mungkin kamu salah dalam kebiasaan saat mandi. Banyak juga yang menggunakan sabun di area-area tertentu tidak baik untuk kesehatan. Banyak sabun yang membuat kulitmu jadi tambah kering dan rusak. Yuk langsung saja simak kebiasaan apa yang salah saat kamu mandi.

1. Saat lagi gerah-gerahnya, kamu jadi pengen mandi terus. Ini bahaya karena bakteri yang melindungi tubuh dari infeksi bisa hilang

Saat sedang gerah
Kalau lagi merasa gerah, pasti maunya mandi terus. Tubuh yang lelah dan berkeringat memang nikmatnya diguyur air dan sabun. Bukan cuma bikin badan jadi wangi, tapi tubuhmu juga terasa segar dan jadi semangat lagi buat beraktivitas. Sayangnya keseringan mandi ternyata punya dampak negatif buat tubuh, yakni bakteri-bakteri baik yang membantu tubuh menghindari infeksi jadi hilang. 

Ditambah lagi minyak alami yang diproduksi kulit bisa berkurang karena sering terkena air dan sabun. Agar tubuh terjaga kesehatannya, kamu nggak harus sering mandi, yang penting asal rajin mencuci tangan dan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral.

2. Kamar mandi adalah tempat favoritmu di rumah yang bikin betah. Namun, bukannya baik untuk kesehatan, justru membuat kulitmu jadi kering

Jangan lama-lama dikamar mandi
Asyiknya me time pas lagi mandi bikin kamu lupa waktu kalau ternyata udah kelamaan di dalam sana. Awalnya kamu nyaman-nyaman saja karena lagi asyik bersihin badan, tapi lambat laun dirimu bakal kedinginan juga. Tubuhmu memang segar sih dan bikin level percaya diri (pede) meningkat setelah berlama-lama mandi. 

Tapi nggak lantas menjamin tubuhmu sehat karena kelamaan di kamar mandi bikin kulitmu jadi kering. Udara lembab yang ada di dalam kamar mandi nggak baik buat kesehatan tubuh. Kulit pun butuh udara segar yang sirkulasinya baik. Kamu saja kalau berada di dalam ruangan yang udaranya lembab, pasti pengen cepat-cepat pindah menghirup yang segar ‘kan?

3. Nggak usah pakai sabun anti bakteri, kandungannya yang sangat keras bikin kulit jadi rusak

Tidak perlu sabun anti bakteri
Berbagai aktivitas yang kamu lakukan tanpa disadari menyebabkan tubuhmu terselimuti oleh bakteri jahat. Entah dari bersentuhan dengan benda-benda kotor atau polusi akan bikin kulitmu jadi kusam dan gatal-gatal. Hal tersebut membuatmu harus memilih sabun anti bakteri yang selalu digunakan buat mandi. 

Baca Juga: 
  1. Makanan Tepat untuk Diet Golongan Darah
  2. Hitung Kalori yang Dibutuhkan Tubuh Anda
Alih-alih tubuh terbebas dari kuman, kenyataannya malah kulitmu jadi rusak. Kandungannya yang sangat keras untuk menyingkirkan bakteri dari kulit nggak cukup bersahabat buat kulit. Oleh karena itu, lebih baik sering-seringlah bantu ibu di rumah. Biar makin flawless, apalagi kalau kulitmu sensitif, hati-hati ya!

4. Sabunan memang penting, tapi bagian tubuh yang nggak banyak minyak jangan kebanyakan disabunin. Yang ada makin kering

Ilustrasi penggunaan sabun
Ketika kamu lagi pengen banget memanjakan tubuh, rasanya senang menggunakan sabun yang banyak. Niatnya biar wangi dan bikin tubuhmu segar, namun apa daya bikin kulit malah jadi kering di bagian tertentu. 

Seperti pada kaki dan lengan – bagian tubuh yang nggak mengandung banyak minyak alami. Dengan kamu menyabuni banyak bagian lengan dan kaki, lama-lama bagian tersebut akan kering karena minyaknya jadi hilang.

5. Kesegaran wajah saat disiram air memang tiada tara. Tapi nggak harus secara keras juga kan menyiramnya biar tetap terjaga keindahannya

Jangan terlalu keras membasuh muka
Untuk kulit wajah, kamu nggak bisa sembarangan memperlakukannya. Salah satu caranya, perlahanlah membersihkan wajah seperti membasuhnya dengan air. 

Bahkan, kalau bisa, lebih baik cipratkan sedikit air saja untuk menjaga kulit wajah sebaik mungkin. Ingat, wajah merupakan salah satu aset penting dari penampilan. Jadi, nggak mau dong rusak begitu saja?

6. Kalau lagi kedinginan, kamu jadi memilih keramas pakai air hangat. Padahal bisa bikin rambut jadi kering, termasuk jika mengguyur air dengan keras

Jangan Gunakan air hangat
Rambut itu mudah rapuh kalau terkena panas. Makanya, sedingin apapun udara usahakan tetap keramas pakai air biasa. Karena jika sering menggunakan air hangat, selain mudah rapuh juga bikin rambut kering. 

Dan kamu pun harus menyirami rambut dengan air secara perlahan agar nggak merusaknya. Rambut ‘kan termasuk mahkota juga, apa tega memperlakukannya kayak gitu?

7. Bersihkanlah wajah secara wajar, jangan keseringan kalau nggak mau wajah jadi rusak

Jangan terlalu sering membersihkan wajah
Membersihkan wajah idelanya 2 kali sehari, yakni saat lagi mandi pagi dan sore. Sayangnya kadang kamu bisa lebih dari 2 kali melakukannya hanya karena merasa wajah terlihat lebih kusam, berminyak, atau berjerawat. Padahal munculnya jerawat atau berminyak bisa disebabkan karena hormon, bukan karena banyaknya kuman pada wajah. 

Demikian pula dengan wajah yang kusam lantaran kurang tidur dan terlalu banyak minum kopi sehingga bikin nggak cerah. Jika kamu tetap memaksa membersihkan wajah terlalu sering, maka bisa-bisa wajahmu rusak karena banyak dibersihkan oleh bahan kimia. Oleh karena itu, pakailah sewajarnya saja, jangan berlebihan.

Itu dia kesalahan saat mandi yang mungkin sering kamu lakuin. Kalau bisa di hindari ya kebiasaan seperti ini. Semoga bermanfaat ya (diahanggra, hipwee.com, wikipedia.com)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.