8 Khasiat Buah Pare Bagi Tubuh Kita

Baca juga:

Di negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea, dan Cina, peria dimanfaatkan untuk pengobatan, antara lain sebagai obat gangguan pencernaan, minuman penambah semangat, obat pencahar dan perangsang muntah, bahkan telah diekstrak dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal/jamu.

Buahnya mengandung albuminoid, karbohidrat, dan pigmen. Daunnya mengandung momordisina, momordina, carantina, resin, dan minyak. Sementara itu, akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat, sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial. Peria juga dapat merangsang nafsu makan, menyembuhkan penyakit kuning,memperlancar pencernaan, dan sebagai obat malaria. 

Buah Pare/Paria
Selain itu, peria juga mengandung beta-karotena dua kali lebih besar daripada brokoli sehingga berpotensi mampu mencegah timbulnya penyakit kanker dan mengurangi risiko terkena serangan jantung ataupun infeksi virus. Daun peria juga bermanfaat untuk menyembuhkan mencret pada bayi, membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan, menurunkan demam, mengeluarkan cacing kremi, serta dapat menyembuhkan batuk.

Kebanyakan orang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Namun, banyak ahli diet, ahli kesehatan dan dokter yang merekomendasikan pare untuk dikonsumsi rutin karena sayur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari pare, seperti dilansir Mag For Women.

1. Meningkatkan imunitas

Pare dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda hanya perlu merebus pare, dan kemudian mengonsumsi airnya setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Pare juga sangat kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

2. Menyembuhkan gangguan pernafasan

Untuk gangguan pernafasan seperti pilek, batuk dan asma, jus pare mentah adalab obatnya. Biasakan untuk mengonsumsi jus pare mentah setiap pagi sebelum sarapan untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Mengurangi jerawat

Pare dapat memurnikan dan mendetoksifikasi darah. Itu bisa mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh secara internal. Sayuran ini juga membantu untuk mengatasi berbagai jenis infeksi kulit dan darah, seperti bisul, kudis, penyakit jamur dll.

4. Membantu pengobatan diabetes tipe 2

Pare mengandung phytonutrient, polipeptida-P, yang merupakan insulin tanaman yang dapat mengurangi kadar gula darah. Nutrisi ini juga dapat menyusun agen hipoglikemik disebut charantin yang bisa meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh. Kedua senyawa tersebut dapat membantu dalam pengobatan diabetes tipe 2 dengan mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Membantu penurunan berat badan

Karena pare kaya akan antioksidan, sayuran ini sangat berguna dalam mengeluarkan racun dari tubuh, yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Konsumsi jus pare secara teratur telah terbukti efektif dalam penurunan berat badan.

6. Meningkatkan penglihatan

Pare mengandung beta-karoten, yang berguna dalam mengurangi infeksi mata, serta meningkatkan penglihatan.

7. Mengurangi sembelit

Bagi mereka yang menderita masalah lambung atau memiliki masalah pada gerakan usus, konsumsi pare menjadi suatu keharusan. Serat pare dapat memudahkan pencernaan makanan dan mencegah sembelit.

Baca Juga :
  1. 7 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan Kita
  2. Manfaat Daun Sukun Untuk Penderita Gagal Ginjal

8. Mencegah penyakit jantung

Pare dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, yang bisa memblokir dinding arteri dan menyebabkan masalah jantung. (Ref: sandk, magforwomen.com, merdeka.com, wikipedia.org)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.