Catat, 6 Jenis Bau Keringat Ini Bisa Mengidentifikasikan Kesehatanmu Lho!

Bau badan atau bromhidrosis (juga disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia) adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat, tetapi keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Bau badan sering berhubungan dengan rambut, kaki, anus, kulit, ketiak, alat kelamin dan mulut.

Biasanya asal muasal bau badan berasal dari keringat yang berlebih. Manusia pasti pernah berkeringat dan keringat tersebut mengeluarkan aroma atau yang disebut dengan bau badan. Jika keringat yang keluar bercampur dengan bakteri, maka tentu saja bau badan yang keluar sangatlah tidak enak. 

Keringat yang keluar dengan bau tertentu ternyata bisa menjadi indikator kesehatan lho. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

1. Bau amis

Ilustrasi Bau Badan
Jika kamu merasa bahwa bau keringatmu amis seperti ikan, kemungkinan kamu menderita gangguan sistem metabolisme yang disebut dengan trimethylaminuria atau kondisi di mana tubuh tidak mampu mencerna makanan yang kaya protein. Sehingga tubuhmu akan kelebihan protein dan jadi berbau amis.

2. Bau seperti kotoran

Ilustrasi Bau Badan
Bau badanmu seperti bau kotoran? Ini berarti kamu memiliki masalah yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan atau sembelit akut. Racun akan terakumulasi di tubuh dan disekresikan untuk keluar bersama dengan keringat yang kemudian menyebabkan bau yang tidak sedap.

3. Bau apek

Ilustrasi Burket
Umumnya keringat akan membuat bau badan jadi apek. Dan ketika kamu mencium bau seperti ini terus-menerus maka kamu bisa jadi memiliki masalah yang disebut dengan hiperhidrosis atau suatu kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan.

4. Bau logam

Ilustrasi Berkeringat
Bau badanmu seperti logam yang karatan? Ini berarti kamu memiliki masalah yang berhubungan dengan kerusakan hati, gangguan pencernaan, atau gangguan metabolisme.

5. Bau yang tidak terlalu menyengat

Ilustrasi Gerah
Bau badan yang tidak terlalu menyengat atau 'halus' sering dimiliki oleh mereka yang menua sebagai tanda bahwa penuaan membuat kelenjar keringat menjadi lebih aktif.

6. Bau alkohol

Ilustrasi Berkeringat
Kamu merasa bahwa bau badanmu seperti alkohol padahal kamu tidak mengonsumsi alkohol? Well, bisa jadi bahwa ini adalah tanda dari alkohol yang sudah kamu minum sejak lama namun baru dicerna.

Baca Juga : 
  1. 7 Hotel Dengan Desain Paling Unik di Dunia
  2. 6 Bahaya MSG Bagi Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Selain bau di atas, saat kamu mengalami bau badan tidak sedap terutama jika disertai dengan rasa panas di tubuh kemungkinan itu adalah gejala dari kehamilan atau menopause.
(Ref: sandk, boldsky.com, merdeka.com, wikipedia.org, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.