Dokumentasi Hewan Sebelum Musnah

Seperti kita ketahui abad 21 adalah abad dimana hampir keseluruhan hutan disetiap negara habis dibabat untuk keperluan manusia dengan oknum yang tidak bertanggung jawab. Hutan habis dibabat maka hewan pun akan musnah dengan sendirinya, namun bukan hanya masalah pembabatan hutan melainkan pembantaian hewan ataupun penjualan hewan secara illegal dapat membuat hewan-hewan tersebut akan musnah.

Seperti yang dilansir DW. Perubahan iklim pacu laju pemusnahan biodiversitas. Fotografer Joel Sartore susun Photo Ark, sebuah dokumentasi 6.200 spesies terancam atau langka, sebelum hewan ini musnah dari muka Bumi.

1. Katak Pohon Terakhir

Toughie
Toughie adalah sejenis spesies katak pohon terakhir yang sempat dipotret oleh Joel Sartore sebelum dinyatakan musnah beberapa hari silam. Contoh spesies terakhir ini sebelumnya dikoleksi di Atlanta Botanical Garden. Untuk proyek Photo Ark, fotografer National Geographic itu memotret lebih 6.200 spesies hewan terancam musnah dalam kurun waktu 11 tahun.

2. Amfibi Indikator Lingkungan

Katak Harlequin
Katak harlequin atau badut ini adalah spesies khas yang ada di pegunungan Panama dan terancam musnah. Amphibi terutama katak dan kodok, jadi fokus perhatian fotografer Joel Sartore, karena hewan ini bisa dijadikan indikator perubahan lingkungan. Amfibi menuntut suhu, kelembaban, curah hujan yang tepat untuk berkembang biak. Pemanasan global terbukti jadi ancaman serius bagi eksistensi hewan ini.

3. Primata Bersaing Habitat

Simpanse
Primata di muka Bumi bersaing ketat berebut habitat untuk hidup. Simpanse akan jadi spesies yang kalah dalam perebutan ekosistem dengan manusia. Pembalakan hutan besar-besaran dan perburuan ilegal, akan memusnahkan spesies kera besar ini. Penangkaran di kebun binatang, hanya menyisakan jenis hewan yang tergantung pada manusia.

4. Berpacu Dengan Waktu

Katak
Proyek Photo Ark harus berpacu dengan waktu. Dalam 15 tahun ke depan, lebih 6.000 spesies harus didokumentasikan sebelum hewan ini musnah. Fotografer National Geogrphic ini sudah mengunjungi 200 kebun binatang di seluruh dunia untuk proyeknya.Sartore harus berpacu dengan waktu, mengingat usianya saat ini dan laju pemusnahan biodiversitas yang makin cepat.

Baca Juga : 
  1. Inilah 5 Macam Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Pemanasan Global
  2. Catat, 6 Jenis Bau Keringat Ini Bisa Mengidentifikasikan Kesehatanmu Lho!

5. Proyek Fotografi Sulit

Katak
Pemotretan spesies butuh keahlian dan kesabaran. Perlu waktu riset, kerjasama dengan kebun binatang, pemilihan hewan terancam atau langka dan menyiapkan peralatannya. Untuk pemotretan beberapa menit, sering diperlukan persiapan berbulan-bulan. (Ref: sandk, dw.com "Foto: Joel Sartore, National Geographic Magazine, Photo Ark (as/ml)")

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.