Hal Yang Menyebabkan Kinerja Otak Melambat

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak merupakan pengendali tubuh. Jika seseorang memiliki otak yang sehat, maka akan mendorong kesehatan tubuh. Namun sebaliknya, jika otak seseorang dalam kondisi yang tidak sehat, maka itu merupakan penyebab dari segala masalah pada tubuh.

Salah satu organ tubuh yang sangat penting adalah otak, dimana otak itu sendiri memiliki peranan untuk mengendalikan organ-organ lainnya pada tubuh kita. Bila organ otak bermasalah maka beberapa organ lainnya dan sistem saraf akan ikut terganggu. 

Ilustrasi kerja otak melambat
Oleh sebab itu, harus selalu menjaga organ otak dan selalu mengembangkannya sebab setiap orang tentunya menginginkan otak yang cerdas dan mampu berpikir secara cepat dalam segala kondisi serta sehat. Namun hal yang perlu anda ketahui bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan kinerja otak menjadi lambat. Hal-hal yang dapat menyebabkan kinerja otak lambat adalah kurang tidur, berpikir terlalu keras ketika sakit, kurangnya stimulasi otak, terlalu banyak mengkonsumsi zat gula dan sebagainya.

Hal Yang Menyebabkan Kinerja Otak Lambat

Berikut ini hal yang menyebabkan kinerja otak lambat diantaranya :

1. Tidak mau sarapan.

Banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. Makan berlebihan

Terlalu banyak makan dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum anda kekenyangan.

3. Merokok

Bila rokok memiliki efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Namun ada satu lagi efek buruk dari rokok ialah dapat berakibat mengerikan pada otak. Otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya menghisap benda berasap tersebut. Di saat tua bahkan pada saat masih muda , rawan alzheimer (penyakit pikun).

4. Terlalu banyak mengkonsumsi zat gula

Terlalu banyak mengkonsumsi kadar gula makan akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara

Otak ialah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Kurang tidur

Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur akan membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur sebab bisa membuat anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari supaya sehat dan bugar.

7. Berpikir terlalu keras saat sedang sakit

Bekerja keras atau belajar saat kondisi tubuh sedang tidak fit akan memperparah ketidak efektifan otak. Sebaiknya istirahat total dna jangan forsir otak anda.

8. Kurangnya stimulasi otak

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengarkan musik dan bermain membuat otak anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.

9. Jarang bicara

Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan anda.

10. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Baha mengkonsumsi minuman beralkohol sebab dapat merusak hai untuk menawarkan racun, sehingga darah beracun sampai ke otak.

Baca Juga: 
  1. Hari Ini Situs KPU di Hack, Isinya Bikin Menyentuh Hati
  2. Inilah Hal Sepele Yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Kualitas Ingatanmu
  3. Gadis Ini Menjadi Muslimah Pertama Yang Mengenakan Hijab di Sekolah Militer AS

Demikian artikel kali ini tentang hal yang menyebabkan kinerja otak lambat. Kami ucapkan termikasih telah mengunjungi website tips sehat online, semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat. (diahanggra, softilmu.com, tipssehatonline.web.id, wikipedia.com)
Advertisement
MatchedContent

No comments

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Powered by Blogger.