Kenalilah Kepribadimu Menurut Kopi Favoritmu

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Siapa yang tidak menukai kopi? Pasti sebagian besar warga di dunia sangat menyukainya. Karena kopi biasanya di konsumsi untuk menemani di pagi dan malam hari. Kopi bisa di seduh berbagai cara, ada yang di seduh dengan air hangat dan ada yang di seduh menggunakan es. Tapi keduanya sama-sama enak untuk dinikmati

Biasanya pegawai kantoran, mahasiswa sering sekali nongkrong di kafe kopi daerah terdekat untuk menemani mereka bersantai. Dan ada juga yang yang meminum kopi untuk menemani begadang. Meminum Kopi juga sudah jadi bagian dari gaya hidup warga di dunia. Dan ada beberapa penelitian yang dilakukan psikolog untuk menghubungkan makanan dengan kepribadian seseorang. Yuk simak saja langsung!

1. Kopi hitam

Kopi Hitam
Orang yang memilih untuk minum kopi hitam menunjukkan bahwa seseorang yang nggak suka omong kosong, kalau ngomong langsung pada inti masalah. Penggemar jenis kopi ini menyenangi pengalaman yang hebat, keras, dan penuh tantangan.

Meski suka pada hal-hal berbahaya seperti mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Mereka juga biasanya sangat kreatif. Di sisi lain, mereka sangat penuntut, baik pada diri sendiri maupun orang di sekitarnya.

Menurut sebuah penelitian seperti yang dilansir PsychCentral dan dikutip brilio.net, Rabu (8/3) dari Dailynews, peminum kopi hitam memiliki kepribadian terus terang, sungguh-sungguh, moody dan pendiam, serta suka meremehkan. Peminum kopi hitam juga digambarkan mengatur sesuai caranya dan resisten terhadap perubahan.

2. Kopi Latte

Coffee Latte
Penggemar kopi latte yang suka melunakkan pahitnya kopi dengan susu dan gula memiliki karakter cenderung mencari kenyamanan dan orang yang menyenangkan. Suka menolong dan murah hati, tapi kurang perhatian pada dirinya sendiri.

Kopi yang pertama populer di Amerika Utara ini memiliki peminum dengan kebiasaan pekerja berat, tapi juga punya kecenderungan neurotik alias gampang mengeluh dan merasa dirinya paling menderita di dunia. Oohh...

3. Kopi Cappuccino

Coffee Cappuccino
Minuman ini sering dibingungkan dengan latte, tapi pada dasarnya mereka adalah minuman yang berbeda. Cappuccino adalah espresso ditambah campuran susu dihidangkan di gelas besar. Perpaduan kopi espresso dan susu menghasilkan warna coklat mirip pakaian para biarawan Capuchin, makanya dinamakan Cappuccino.

Penyuka kopi jenis ini termasuk orang yang santai dalam menghadapi apa pun. Nggak mau diburu-buru, meski pada akhirnya segala sesuatu dapat dibereskannya. Hidup baginya seperti menikmati Cappuccino, ringan namun tetap nikmat.

4. Kopi Non Kafein

Ilustrasi Coffee Non Kafein
Semua orang tahu kopi mengandung kafein, tapi nggak semua orang tahu kalau kafein itu nggak bikin kamu sampai kecanduan atau sebabkan insomnia. Nah, buat yang suka aroma kopi tapi masih takut akan kafeinnya, ada sejenis minuman yang disebut kopi non kafein (decaf).


Penggemar minuman ini sangat peduli pada masalah kesehatan. Sangat selektif memilih makanan atau minuman yang menyehatkan saja. Dia juga takut mengambil risiko yang bisa membahayakan dirinya.

5. Kopi Non Kafein di Campur Susu Kedelai

Ilustrasi kopi di campur susu kedelai
Berbeda dengan meminum kopi tanpa kafein yang mencampurnya dengan susu kedelai. Menurut penelitian seorang psikolog klinis, Dr Ramani Durvasula, peminum kopi ini cenderung obsesif, perfeksionis, egois, sadar kesehatan, terlalu sensitif, dan kaku.

6. Kopi Campuran

Ilustrasi Kopi di campur dengan aneka rempah dan bahan lainnya
Sekarang ini banyak kopi yang dicampur berbagai bahan sehingga menghasilkan aneka rasa. Ada kopi yang dicampur sirup karamel, ditambah bubuk kayu manis, atau ditambah moka. Penyuka jenis kopi ini nggak suka pada hal-hal yang dianggap wajar oleh banyak orang. Ingin tampil dan berpikiran beda. Bersamanya, orang nggak pernah bosan, karena dia selalu menemukan hal-hal baru untuk dilakukan.

7. Kopi Tubruk

Kopi Tubruk
Bubuk kopi diseduh bersama ampasnya, kadang tanpa gula, dan diminum selagi ampasnya masih mengambang. Penggemar kopi ini suka segala sesuatu yang alamiah, dan nggak toleran sama kebohongan. Betapa pun pahitnya sebuah kebenaran, dia akan menerima.

8. Kopi Instan

Kopi Instan
Di mana-mana banyak dijual kopi instan atau lebih dikenal dengan kopi sachet. Mudah dan cepat lagi. Yang dibutuhkan hanyalah air panas untuk menyeduhnya, aduk, langsung minum. Ada yang sudah dicampur susu, ada pula kopi murni.

Penggemar jenis kopi ini biasanya ingin segala sesuatu cepat dan segera, tanpa perlu bersusah payah. Kadang mengorbankan kualitas demi mengejar waktu.

9. Es Kopi

Iced Coffee
Nah, untuk pecinta kopi jenis ini sepertinya memang ditakdirkan untuk selalu berbeda. Gimana nggak beda, kopi kan emang biasanya dinikmati selagi panas, lha ini kopi pakai es. Tapi jangan berpaling dulu karena penikmat es kopi adalah orang yang supel dan mudah bergaul dengan siapapun. Jeleknya, peminum kopi jenis ini termasuk orang yang ceroboh, nah lho! (diahanggra. wikipedia.com, brilio.net)

Nah itulah beberapa perilaku menurut kopi favoritnya. Hayo, anda termasuk yang mana? 

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.