Keringat Berlebih di Malam Hari? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Baca juga:

Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

Di cuaca yang panas dan gerah malam hari? Wajar jiaka tubuh kamu mengeluarka keringat. Hal ini wajar dialami oleh orang yang sehat. namun, jika kamu berkeringat di cuaca yang dingin. Maka harus anda ketahu, apa penyebab dari faktor tersebut?

Seseorang yang berkeringat di malam hari biasanya tidak mengalami masalah ini saat siang harinya. Nah, untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, maka tidak ada jalan lain kecuali mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. 

Berkeringat pada malam hari
Dokter akan melihat rekam medis, untuk mengambil diagnosa terhadap gangguan kesehatan yang dialami oleh pasien. Dalam Journal of American Board of Family Medicine, Dr. Mold menyebutkan beberapa faktor pemicu munculnya keringat saat tidur seperti kecemasan, stres, demam, sesak nafas, penyakit autoimun, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab keringat berlebih di malam hari: 

1. Faktor genetik 

Jika diagnosa dokter menunjukkan bahwa keringat yang muncul di malam hari pada seseorang disebabkan oleh faktor keturunan, maka seseorang yang mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir. Tidak ada pengobatan yang harus dilakukan.

2. Faktor usia 

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa keringat berlebih yang muncul saat malam hari sering dialami oleh seseorang yang berusia 40 tahun atau lebih. Penyebabnya adalah perubahan hormonal dan genetik yang terjadi dalam tubuh mereka.

3. Pra menopause 

Wanita pada masa perimenopause akan mengalami perubahan hormon, yang juga disertai dengan gejala seperti wajah memerah dan rasa panas dalam tubuh. Gangguan yang sering terjadi, termasuk juga berkeringat di malam hari. 

4. Penggunaan obat-obatan kimia 

Jika keringat berlebih muncul di malam hari tanpa gejala lain, mungkin saja disebabkan oleh obat-obatan seperti anti depresan (anti depresi). Obat penurun demam dan panas seperti aspirin, juga dapat menimbulkan efek samping yaitu timbulnya keringat berlebih di malam hari.
Selain aspirin, obat kimia yang dapat memicu timbulnya keringat berlebih termasuk acetaminophen dan sebagainya. 

5. Infeksi virus atau bakteri 

Penyebab keringat berlebih di malam hari yang paling umum adalah infeksi tubercolusis. Berkeringat saat malam hari juga dapat disebabkan oleh infeksi HIV. Faktor penyebab lain yang mungkin mendasari gangguan ini termasuk juga radang tulang (osteomylitis) dan radang hati (endocarditis). Infeksi seperti abses dan bisul juga sering ditandai dengan berkeringat di malam hari secara berlebih. 

6. Cedera serius 

Penyebab keringat berlebih saat cuaca dingin, termasuk juga gejala sesak nafas, shock, rasa nyeri, atau serangan jantung. 

7. Gejala kanker 

Salah satu cek medis pada penderita keringat berlebih, termasuk juga memeriksa perubahan berat badan pada pasien. Jika pasien mengalami penurunan berat badan yang signifikan, faktor pemicu yang mungkin mendasari masalah tersebut adalah gejala kanker stadium awal. Penyakit kanker mungkin saja menyerang pasien, jika gejalanya disertai dengan demam. Kanker kelenjar getah bening (limfoma) sering ditandai dengan berkeringat saat malam hari

8. Kelainan hormonal 

Tubuh yang merasa gerah sehingga mengeluarkan keringat dengan deras, dapat disebabkan oleh kelainan hormonal. Kelainan tersebut dapat dipicu oleh hipertiroidisme, sindroma karsinoid, atau pheochromocytoma.

9. Kadar gula darah terlalu rendah 

Penyakit lain yang dapat memicu masalah ini seperti kadar gula darah rendah (hipoglikemia). Penderita diabetes yang mengkonsumsi obat insulin biasanya akan berkeringat dingin di malam hari, ketika kadar gula darah mengalami penurunan. 

10. Hiperhidrosis idiopatik 

Istilah medis ini merupakan kondisi dimana produksi keringat oleh tubuh terjadi secara berlebihan, tanpa penyebab yang jelas.

11. Gejala stroke 

Keringat bercucuran di malam hari juga dapat dipicu oleh gangguan neurologis seperti posttraumatik syringomelyelia, disreflexia autonomik, autonomik neuropathy, ataupun stroke. 

Tips mengatasi keringat berlebih di malam hari yang bukan disebabkan gangguan medis:
  • Mandi sebelum beranjak tidur, untuk membersihkan minyak yang melekat di kulit anda. 
  • Kurangi makanan pedas maupun minuman berkafein, yang dapat menimbulkan rasa panas dalam tubuh. 
  • Gunakan pakaian yang longgar saat tidur malam. 
  • Jangan berolahraga sebelum berangkat tidur malam. 

Nah, itulah penyebab keringat berlebih di malam hari. Untuk penanganan yang tepat, anda sebaiknya pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan. Semoga masalah tersebut tidak disebabkan oleh penyakit yang serius. (diahanggra, kinisehat.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.