Manfaat Dari Buah Jeruk Limau

Jeruk sambal disebut juga jeruk limau (lat. citrus amblycarpa) adalah jeruk yang termasuk bahan bumbu masakan. Makanan yang diberikan jeruk limau akan menambah harum aroma masakan tersebut. Jeruk sambal merupakan anggota marga citrus atau marga jeruk.

Apakah kamu tahu? Jeruk limau juga mengandung serat makanan yang baik untuk tubuh kamu. Ada beberapa kandungan yang terdapat didalam jeruk limau. Yuk langsung saja simak manfaat dari jeruk limau.

Jeruk limau
Berikut ini adalah beberapa hal yang dipercaya sebagai manfaat jeruk limau yang menarik untuk diketahui,
  1. Teman yang baik untuk kesehatan jantung Air perasan jeruk limau serta kulitnya diduga bisa menjadi teman baru Anda untuk menjaga kesehatan jantung, menurut sebuah penelitian pada binatang kelinci. Pasalnya, kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat memperlambat proses penumpukan plak di dinding pembuluh darah arteri atau yang disebut dengan aterogenesis. Kesehatan arteri merupakan hal yang penting. Karena pembuluh darah arteri membawa darah dari jantung ke beberapa organ tubuh.
  2. Usir bakteri penyebab kolera dan keracunan makanan Bakteri penyebab kolera dapat masuk melalui makanan. Sedangkan menurut satu penelitian, jeruk limau memiliki kemampuan untuk melawan bakteri. Itulah kenapa jeruk limau dapat dikatakan bagus untuk melawan bakteri penyebab kolera. Bakteri E.coli yang menyebabkan gejala keracunan makanan diduga juga akan diserang oleh jeruk limau ini.
  3. Kandung mineralnya bagus untuk tubuh Tidak hanya mengandung vitamin, jeruk limau ternyata juga mengandung mineral yang berperan penting bagi tubuh. Jeruk limau mengandung kalium yang berguna untuk menjaga tekanan darah yang sehat dan fungsi saraf.
  4. Bagus untuk sel sabit pada anemia Anemia sel sabit adalah kondisi di mana sumsum tulang belakang justru menghasilkan sel darah merah yang berbentuk sabit dan cacat. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan yang kronis, serta rasa sakit terus menerus. Ini adalah kondisi yang berbahaya. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di beberapa area seperti persendian, dada, atau punggung bagian bawah. Konsumsi jeruk limau dipercaya dapat menurunkan rasa sakit tersebut.

Selain itu, karena kandungan bioflavonoid dan antioksidan yang terdapat di dalamnya, jeruk limau juga dipercaya menurunkan risiko seseorang terkena kanker.

Ragam Olahan Jeruk Limau yang Segar dan Bermanfaat

Sudah tahu apa manfaat yang mungkin dapat diberikan jeruk limau? Jika Anda sudah mulai tertarik dengan manfaat jeruk limau, berikut ini adalah resep olahan jeruk limau. Jeruk limau tidak hanya memberikan manfaat tapi juga membuat sesi makan Anda lebih menggiurkan. Resep saus jeruk limau ini bisa menjadi teman untuk ikan, ayam, atau bahkan tumis sayuran.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 1 sdt parutan kulit jeruk limau
  • 1 sdt perasan air jeruk limau
  • 1 sdt gula
  • ½ cangkir kaldu ayam tanpa garam
  • 2 sdt tepung kanji
  • 1 sdt daun peterseli cincang

Cara Membuatnya:
  1. Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk microwave.
  2. Aduk sampai merata.
  3. Masukan mangkuk ke dalam microwave, masak selama sekitar 2 menit dalam suhu tinggi.
  4. Masak hingga saus mengental dan terlihat jernih.
Setelah selesai, siram saus jeruk limau di atas ikan atau ayam yang sudah digoreng atau direbus. Sajikan selagi hangat.

Baca Juga:

Jeruk limau mungkin memang tidak mengandung vitamin C lebih banyak dari jeruk lemon. Namun, bukan berarti jeruk limau tidak memiliki manfaat. Selagi mudah didapat, manfaatkan jeruk limau sebaik mungkin dengan mengkreasikan beragam resep masakan atau minuman dari jeruk limau.(diahanggra, alodokter.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.