Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan Kita

Loading...
Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius, familia Pangasiidae. Nama "patin" juga disematkan pada salah satu anggotanya, P. nasutus. Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi, seperti patin dan patin siam (P. hypophthalmus syn. P. sutchi, atau beberapa pustaka menyebutnya jambal siam). Beberapa anggotanya yang hidup di Sungai Mekong dikenal berukuran sangat besar, mencapai panjang dua meter lebih.

Di Indonesia, ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari olahan ikan patin yang cukup beragam mulai dari goreng biasa, bakar, gulai, sup, bahkan abon ikan patin. Daging ikan patin yang lembut dan gurih membuat ikan ini disukai oleh semua kalangan, baik masyarakat bawah hingga atas.

Kandungan gizi pada ikan patin memiliki banyak kelebihan sehingga tidak heran manfaat ikan patin cukup ampuh untuk kesehatan. Ikan patin mengandung lemak yang rendah, terutama pada asam lemak esensial DHA sebesar 4,47% dan EPA 0,31%. EPA merupakan jenis lemak pada makanan yang sangat dibutuhkan tubuh. Lemak esensial ini dapat membentuk pembentukan sel, mengatur sistem syaraf, membangun kekebalan tubuh, memperkuat sistem kardiovaskular, dan dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Ikan Patin
Ikan patin juga mengandung lemak tak jenuh mencapai 50% sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Bagi Anda yang menyukai ikan, terutama ikan patin tentu sangat beruntung karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Beberapa Manfaat Ikan Patin

Ikan patin mudah dijumpai di pasar atau Anda juga dapat membelinya dari petani yang budidaya ikan patin. Meski memiliki banyak khasiat dan daging yang lembut, ikan patin memiliki harga yang standar dan masih terjangkau. Berikut beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Perlu Anda ketahui jika kolesterol tidak hanya berasal dari makanan. Namun di dalam tubuh setiap orang juga menghasilkan kolesterol. Organ yang menghasilkan kolesterol tersebut adalah hati. Selain itu, pola makan yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol, terutama jika kita sering mengonsumsi makanan yang kurang serta.

Bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya mengonsumsi ikan patin dengan cara direbus. Kandungan lemak baik pada ikan ini mampu menekan kolesterol jahat. Itu artinya jika semakin sering mengonsumsi ikan patin maka kolesterol akan semakin menurun.

Mencegah Jantung Koroner

Manfaat ikan patin selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi karena terjadi kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kerusakan tersebut terjadi akibat dari polusi, asap rokok, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Kolesterol yang menimbun pada dinding bagian dalam pembuluh darah dapat menyebabkan penyempitan sehingga darah akan tersumbat.

Jika terjadi demikian maka fungsi dari jantung akan terganggu karena jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah. Jika ini terjadi secara terus menerus maka arteri koroner akan menyempit dan mengeras.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ikan patin bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit ini terjadi karena terjadinya gangguan pada jantung serta pembuluh darah. Ketika normal, darah daru jantung akan mengalir melalui sisi kiri jantung yang terdapat banyak oksigen. Darah mengalir melalui pembuluh darah arteri kemudian menuju pembuluh darah arteri yang paling kecil atau disebut dengan pembuluh darah kapiler pada semua organ di dalam tubuh.

Baca Juga:
  1. 10 Manfaat Dari Bunga Bougenville Untuk Kesehatan Anda
  2. Khasiat dan Manfaat Dari Tanaman Krokot Untuk Kesehatan
Setelah darah mengantarkan oksigen serta nutrien ke seluruh bagian tubuh untuk mengambil sel-sel tubuh, darah akan dialirkan kembali ke sisi kanan jantung melalui pembuluh darah vena, dan sistem inilah yang disebut sistem kardiovaskular. Jika dilihat secara harfiah, cardio berarti jantung dan vaskular memiliki arti jaringan pembulih darah.

Baik untuk Pertumbuhan Janin

Ikan patin banyak mengandung DHA serta asam lemak omega 3 sehingga berguna untuk memicu pertumbuhan otak dan mata pada janin. Manfaat ikan patin ini memang sangat cocok untuk ibu hamil, bahkan banyak yang menganggapnya sebagai makanan yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan.

Para peneliti telah menunjukan bahwa ibu hamil yang mencukupi asupan DHA pada paruh kedua kehamilan cenderung akan memiliki bayi dengan skor lebih tinggi pada tes IQ dan tes koordinasi tangan dan mata. Selain itu, perkembangan motorik pada bayi juga akan lebih baik.

Membantu Pembentukan Otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot tubuh maka disarankan untuk mengonsumsi ikan patin secara rutin. Hal ini karena ikan patin mengandung protein yang cukup tinggi. Banyak orang yang mengalihkan menu karbohidrat menjadi protein. Ini dilakukan agar mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik serta dapat mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh. (diahanggra, aduba.co)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.