author photo
Menstruasi adalah pendarahan nomal yang terjadi setiap bulan pada perempuan yang dipengaruhi oleh hormon. Disebut juga had atau datang bulan. Darah yang keluar saat menstruasi, terjadi akibat peluruhan lapisan rahim (rahim).

Biasanya rasa sakit yang dialami wanita berbeda-beda. Ada yang hanya sementara ada juga yang seharian bahkan berhari-hari. Rasa sakitnya pun bikin beraktifitas tidak nyaman, dann juga tidur tak nyenyak.

Ilusrasi Datang Bulan
Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan 7 Cara Mengobati Sakit Perut Saat Datang Bulan secara alami dan mudah yang bisa anda lakukan.

1. Cara tidur

Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal. Posisi ini sangat efektif untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit pada perut.

2. Posisi tidur

Jika cara tidur tidak bisa mengurangi rasa sakit atau menghilangkannya, maka anda bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan menggunakan posisi tidur. 


Ketika berbaring, ambil posisi telungkup sehingga rahim menghadap ke bawah. Hal ini dapat membantu relaksasi.

3. Olahraga

Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.

4. Air panas atau hangat

Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut. Rasa hangat dapat mengurangi rasa nyeri.

5. Memijat perut

Pijat daerah perut secara perlahan-lahan dan Hindari menggunakan pakaian yang ketat dan dapat menekan perut saat datang haid

6. Hindari minuman dingin

Hindari mengonsumsi minuman dingin. Gantilah dengan minuman hangat dan mengandung kalsium tinggi.

7. Relaksasi

Tarik napas dalam dan perlahan untuk relaksasi dan Bila nyeri tidak tertahankan, minumlah analgetik (obat penghilang rasa sakit) dengan dosis tidak lebih dari tiga kali sehari. (diahanggra, wikipedia.com, 7topranking.com)

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post