4 Penampakan Hantu Noni Belanda Pernah Hebohkan di Tempat-tempat Ini

Loading...
Gedung-gedung kuno peninggalan zaman Belanda kerap disebut-sebut angker alias berhantu. Banyak cerita penampakan makhluk halus atau hantu di tempat-tempat tersebut. Lalu benarkah gedung kuno itu angker?

Cerita tentang gedung kuno yang angker selalu terjadi di mana saja. Tidak hanya perkotaan, di pedesaan cerita angkernya gedung-gedung kuno juga menjadi buah bibir yang terus bergulir.

Salah satu cerita hantu yang paling populer dari sebuah gedung kuno adalah penampakan hantu Noni Belanda. Penampakan wanita belanda dengan gaun putihnya menjadi salah satu cerita mistis yang paling kesohor di gedung tua peninggalan penjajah itu.

Noni adalah panggilan bagi perempuan keturunan Belanda atau Indo dan belum menikah pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Lalu gedung-gedung mana saja yang kerap terjadi penampakan hantu Noni Belanda? Berikut ceritanya:

1. Lawang Sewu dan kisah pembunuhan 20 Noni Belanda

Lawang sewu sebelum di pugar
Lawang Sewu, gedung tua yang berada di pusat Kota Semarang ini sebelum zaman penjajahan Jepang adalah kantor perkereta-apian yang dikelola pemerintah kolonial Belanda. Cerita misteri, munculnya arwah Noni Belanda ini berawal ketika tentara Jepang masuk menyerbu gedung, dan menjadikannya sebagai salah satu basis peristirahatan tentara Jepang.

Kala itu, terjadi pemerkosaan tentara Jepang terhadap sekitar 20 noni Belanda. Kabarnya semua noni ini terdiri dari 10 noni perawan dan 10 sudah nikah. Setelah puas menyalurkan hasratnya, para tentara Jepang memenggal kepala 20 noni tersebut. Dari situ, mistis sering munculnya noni di sekitar Lawang Sewu berawal.

Kemunculan arwah noni Belanda ini salah satunya dialami oleh Toha (46) warga Kampung Prembaen, Semarang Tengah, Kota Semarang. Toha yang mempunyai hobi memancing di sungai sekitar Lawang Sewu ini sering melihat penampakan sosok noni Belanda. Dengan rambut panjang terurai dan berbusana long dress warna putih, mondar-mandir di sekitar Lawang Sewu.

"Dia tidak mengganggu hanya menampakkan diri. Mondar-mandir dengan parasnya yang cantik namun penuh dengan darah di mukanya menebar senyum. Menakutkan memang, tetapi mau bagaimana lagi," tutur Toha kepada merdeka.com, Minggu (13/10) lalu.

Loji era Belanda tersebut lebih dikenal dengan istilah Lawang Sewu atau pintu seribu, karena ribuan pintu dan jendela tersebar di mana-mana. Sebagai gambaran, lantai dua di bagian belakang gedung memiliki sekitar 20 ruangan berjajar yang masing-masing memiliki sebanyak 6 pintu. Jika lawang bisa diartikan sebagai pintu atau pintu menyerupai jendela, maka diyakini Lawang Sewu memiliki 1000 pintu.

Namun uniknya, dari berbagai pengalaman para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengunjunginya, saat menghitung jumlah pintu selalu tidak akan menemukan jumlah sampai 1000 pintu atau 1000 lawang. Hingga kini, rahasia ini diyakini sebagai mitos jika satu pintunya merupakan pintu mistis, jalan masuk arwah para penunggu gedung Lawang Sewu tersebut.

2. Hantu Noni Belanda sering nongol di Gedung Juang Bekasi

Gedung Juang Bekasi
Gedung kuno lainnya yang sering terjadi penampakan hantu Noni belanda adalah Gedung Juang 45 di Tambun Selatan, Bekasi. Gedung Juang di bekasi ini juga salah saksi bisu perebutan kemerdekaan.

Gedung Juang sendiri dikenal sebagai rumah bagi ribuan kelelawar. Namun di balik kelelawar itu, Gedung yang menjadi Cagar budaya ini juga banyak menyimpan cerita mistis, salah satunya Noni Belanda.

Konon, penampakan hantu berwujud perempuan mengenakan baju putih khas Belanda sering muncul di Gedung ini. Meski baju putih, tetapi nampak kotor dan lusuh. Wajahnya terlihat pucat, rambut ikal panjang dan memakai topi.

Hantu Noni Belanda tersebut biasanya dilihat orang-orang yang lewat. Dikatakan bahkan saat itu hantu noni Belanda tersebut suka berdiri di trotoar Jalan Diponegoro.

3. Hantu Noni Belanda penguasa Pulau Danau Gunting Kebun Raya Bogor

Danau Gunting Kebun Raya Bogor
Pulau ini tidak terlalu besar. Tetapi sering dijadikan tempat tinggal Burung Bangau putih dan burung-burung lainnya di Kebun Raya Bogor. Letaknya tepat berada di belakang Istana Bogor.

Di danau buatan ini terdapat pulau kecil. Jika di lihat dari atas, danau buatan dan pulaunya ini menyerupai bentuk gunting, makanya disebut pulau danau gunting.

Namun siapa menduga pulau kecil itu sering nampak perempuan Belanda. Boim, penjaga kebersihan di Kebun Raya, mengatakan pernah melihat perempuan tersebut berdiri di tengah pulau. "Perempuannya pakai baju kaya orang Belanda," ujarnya.

Boim menceritakan, pernah suatu kali danau gunting ingin dibersihkan dan dikeruk. Namun niat ini terkendala, karena ekskavator yang digunakan rusak saat ingin mendalamkan kolam.

"Lengan ekskavator-nya patah waktu kerja, akhirnya mereka ke dukun, soalnya itu gak wajar," ungkap Boim.

Namun usaha itu sia-sia, karena sang dukun tidak mampu melakukan pengusiran terhadap hantu noni Belanda yang berada di tengah kolam gunting. "Katanya program pengerukan itu dihentikan," katanya.

4. Penampakan Noni Belanda di ruang tes CPNS Banten bikin heboh

Suasana tes DPNS di Banten.
Sebuah penampakan yang diduga makhluk halus terekam kamera CCTV di ruangan tes CPNS Provinsi Banten yang dilakukan di Pendopo Lama Gubernur Banten. Penampakan sesosok wanita yang diduga Noni Belanda terekam CCTV pada Minggu (9/11) kemarin sekitar pukul 21.00 WIB.

Penampakan tersebut awalnya diketahui oleh salah satu staf BKD Provinsi Banten yang tengah melakukan persiapan di ruang yang akan digunakan untuk tes CPNS. Sesosok penampakan tersebut terekam di monitor CCTV pada ruangan tengah pendopo yang merupakan gedung peninggalan zaman Belanda.

Baca Juga :

  1. Menyeramkan, Pria Ini Usai Mengantarkan Wanita Misterius Lalu Mobil Tiba-tiba Berada di Kuburan
  2. Kisah Nyata: 3 Orang Ini Tewas Mengenaskan Seusai Menghina Kumandang Adzan

"Semalam jam sembilan, saya lagi benerin kabel monitor. Selewat saja kaya Noni Belanda gitu, di monitor ruang tengah. Mungkin itu perasaan saya saja karena kecapekan," ujar Budi salah satu Staf BKD provinsi Banten.

Budi mengungkapkan penampakan tersebut terlihat hanya selewat di monitor CCTV pada ruang tengah yang merupakan ruang tes para CPNS. "Jangan dibahas lagi, nanti malam saya masih kerja di sini," katanya.

Akibat informasi ini, banyak orang yang ingin melihat rekaman CCTV itu. Namun karena saat ini masih berlangsung tes CPNS, rekaman CCTV tidak bisa diputar.

Untuk diketahui hari ini tes CPNS dilakukan di provinsi Banten. Sebanyak 3.627 orang melanjutkan tes untuk diterima jadi pegawai di lingkungan Pemprov Banten. (Ref: sandk, merdeka.com, wikipedia.org, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.