5 Cara Merawat Pisau Anda Agar Awet dan Tahan Lama

Loading...
Pisau terbuat dari logam pipih yang tepinya dibuat tajam; tepi yang tajam ini disebut mata pisau. Pegangan pisau umumnya berbentuk memanjang agar dapat digenggam dengan tangan. Bentuk umum pisau mirip dengan pedang, bedanya adalah bahwa bilah pedang lebih panjang daripada bilah pisau.

Ada beberapa alat dapur yang sangat penting bagi kebutuhan dapur, Salah satunya adalah pisau. Pisau digunakan untuk memotong sayur, buah, daging, dan bahan lainnya. Jika kita memilih pisau dapur yang tepat dapat membantu proses memasak bagi ibu rumah tangga. Tidak hanya membeli pisau yang berkualitas baik. Tapi cara perawatannya juga harus benar. Karena dapat menjaga agar pisau awet dan tahan lama.

Ilustrasi Pisau
1. Pilih Bahan yang Tepat

Salah satu cara untuk memilih pisau yang tepat adalah dengan memilih pisau yang berbahan anti karat. Pilihan pisau stainless steel sangat baik karena tidak mudah berkarat. Mom juga dapat memilih pisau dapur dengan bahan keramik. Kelebihan pisau dengan bahan ini membuat Mom tidak perlu repot untuk mengasahnya.

2. Penggunaan Sesuai dengan Fungsinya

Menggunakan pisau sesuai dengan fungsinya akan membuat pisau lebih awet dan tahan lama. Pisau memiliki berbagai jenis, misalnya ada pisau buah, roti, dan pisau potong. Gunakan pisau sesuai dengan fungsinya akan membantu piasu lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga:
  1. Olahraga Bisa Mengurangi Keinginan Untuk Mengemil
  2. 10 Makanan Tersehat di Dunia!

3. Jangan Lupa untuk Mengasah Secara Rutin

Untuk menjaga ketajamannya, pisau harus sering diasah. Semakin sering pisau tersebut dipakai maka pisau tersebut harus lebih sering diasah. Pisau untuk memotong daging harus lebih sering diasah dibandingkan dengan pisau buah atau sayur.

4. Bersihkan dengan Teratur

Setelah menggunakan pisau sebaiknya segera cuci dengan sabun cuci piring. Kemudian lap hingga kering sebelum disimpan. Hindari menyimpan pisau dalam keadaan kotor karena dapat menyebabkan karat.

5. Simpan Pisau di Tempat Kering

Setelah dicuci dengan bersih dan dilap hingga kering, pastikan kamu menyimpan pisau di tempat yang kering dan bersih. Hindari menyimpan pisau di tempat yang lembap karena menyebabkan pisau mudah karat. Jauhkan pisau dari jangkauan anak agar tetap aman dan terhindar dari penyalahgunaan pisau.

Demikian 5 cara untuk menyimpan dan merawat pisau dapur agar tetap awet dan tahan lama. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.(diahanggra, vemale.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.