5 Kebiasaan Yang Sama Berbahayanya Seperti Merokok

Baca juga:

Kebiasaan adalah pengulangan sesuatu secara terus-menerus atau dalam sebagian besar waktu dengan cara yang sama dan tanpa hubungan akal. atau dia adalah sesuatu yang tertanam di dalam jiwa dari hal-hal yang berulang kali terjadi dan diterima tabiat.

Setiap orang di dunia ini pastinya mempunyai suatu kebiasaan dalam hidupnya. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia khusunya kaum adam mempunyai kebiasaan yang sangat berbahaya bagi hidupnya, yaitu kebiasaan merokok.

Namun ternyata ada beberapa kebiasaan yang sama berbahayanya seperti merokok, mau tau apa sajakah kebiasaan tersebut, berikut informasinya

1. Duduk Sepanjang Hari

Ilutrasi duduk
Walaupun Anda berolahraga secara teratur, kebiasaan duduk dalam waktu lama, baik di kantor maupun di mobil kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Sebaiknya berdiri dan berjalan dari waktu ke waktu, atau menggunakan meja yang bisa diubah ketinggiannya, sehingga juga bisa bekerja dalam posisi berdiri.

2. Makan Keju dan Daging Terlalu Banyak

Ilustrasi keju
Protein dari daging hewan mengandung IGF-1, yaitu hormon yang bisa mendorong pertumbuhan sel kanker, dalam jumlah besar. Demikian studi Universitas Southern California. Menurut studi sama, sayuran seperti buncis punya kadar protein sama seperti beberapa jenis daging, tapi tidak mendorong kanker.

3. Memasak dengan Minyak Yang Salah

Ilustrasi minyak alpukat
Studi pada sejumlah restoran dan dapur rumah menunjukkan, memasak pada suhu tinggi dengan minyak kedelai menghasilkan partikel aldehid dan hidrokarbon aromatik polisiklik, yang juga ditemukan pada asap rokok, dan dikaitkan dengan radang jalur pernapasan. Untuk suhu tinggi sebaiknya memakai minyak kelapa atau minyak alpukat. Untuk suhu rendah, bisa pakai minyak zaitun.

4. Menggelapkan Warna Kulit dalam Solarium

Menggelapkan kulit
Menurut studi Journal of the American Medical Association, diperkirakan penggunaan solarium sebabkan sekitar 420.000 kasus kanker kulit di AS tiap tahun. Sedangkan merokok, sebabkan sekitar 226.000 kasus kanker paru-paru. Mencintai warna kulit apa adanya adalah langkah paling baik. Jika ingin tambah warna, coba makan tomat dan wortel. Keduanya kaya carotenoid yang berefek pada warna kulit.

Baca Juga :
  1. Inilah 10 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Menurut Pandangan Islam
  2. Benarkah Sarapan Dengan Oatmeal Lebih Menyehatkan Dibandingkan Nasi?

5. Kurang Tidur

Ilustrasi anak kecil yang tertidur di dalam mobil
Kurang tidur yang kronis sebabkan tingginya tekanan darah, serangan jantung, stroke, obesitas dan gangguan kesehatan lain. Menurut studi, kurang tidur menyebabkan kematian, dan jumlahnya hampir sama dengan kematian akibat merokok. Jangan merasa kelelahan adalah sesuatu yang normal. Jika Anda cukup tidur tapi tetap lelah, sebaiknya konsultasi ke dokter.
(Ref: sandk, catatansandk.com, dw.com, women's health, rd.com, pengertian-pengertian)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.