6 Kesalahan dalam Perawatan Rambut Yang Dapat Merusak Kesehatan Rambutmu

Rambut adalah mahkotanya wanita. Wanita selalu memanjakan rambutnya agar tetap indah, lembut dan juga berkilau. Bagi wanita rambut adalah aset termahal, dengan rambut yang indah bisa membuat penampilan mereka terlihat sempurna.

Apakah diantara kamu ada yang rajin keramas, mencatok rambut atau menggunakan produk perawatan rambut? Atau mungkin kamu sering melakukan perawatan rambut kamu ke salon? Walaupun kamu melakukan perawatan rambutmu kesalon, itu semua tidak menjamin rambutmu akan tetap sehat. Misalnya salon itu menggunakan alat stylis dengan suhu tinggi? Mungkin saja. Yuk Cari tahu beberapa kesalahan yang dapat merusak rambut dibawah ini. Yuk langsung saja simak!

Ilustrasi Perawatan Rambut
1. Menggunakan Alat Styling Pada Suhu Yang Tinggi

Nah, ini cukup sering terjadi nih. Biasanya alat styling rambut sengaja di-set dengan suhu yang paling tinggi supaya rambut cepat tertata. Makin panas, makin mudah rambut ditaklukan.  Ya memang benar sih, tapi ya ada tapinya nih. Rambut yang sering ditata dengan alat styling bersuhu tinggi terlalu sering bisa mengakibatkan masalah seperti kering, mudah patah, bercabang, hingga rusak.  Supaya rambut tetap sehat, sesuaikan suhu alat styling dengan kondisi rambut Anda ya.

2. Salah Pilih Sisir

Keliatannya memang sepele ya, tapi memilih sisir bisa jadi masalah buat rambut Anda. Jika Anda wanita pemilik rambut rontok, ada baiknya memilih sisir bergigi jarang yang mencegah rambut rontok berlebihan. Nah, bagi yang suka styling rambut, Anda bisa mendapatkan rambut ikal atau keriting dengan menggunakan sisir berbentuk bulat dengan gigi yang rapat. Sedangkan Anda yang mendambakan rambut tertata dengan baik (cenderung lurus) coba pakai sisir yang lebih besar ya.

3. Tidur Saat Rambut Dalam Keadaan Basah

Kalau sudah lelah memang rasanya ingin tidur cepat ya? Tapi kalau sudah menyangkut rambut, sebaiknya hindari tidur dengan kondisi yang masih basah. Hal ini dapat membuat rambut menjadi frizzy, kusut, dan justru seperti menambah “PR” saat bangun di pagi hari. Jadi, pastikan rambut kering sebelum tidur ya. Solusi mudahnya adalah menggunakan hairdryer untuk mempersingkat waktu mengeringkan rambut Anda. Tapi jangan lupa poin pertama, perhatikan suhunya ya.

4. Menggunakan Semua Produk Rambut Pada Bagian Akar

Sering mengalami rambut lepek atau berminyak walaupun habis keramas? Sepertinya ini permasalahan yang paling sering ditemukan pada banyak wanita. Padahal sudah menggunakan sampo dan produk perawatan rambut lain yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Tapi kok hasilnya beda dari yang diharapkan? Tunggu dulu, bisa jadi bukan karena produknya, tapi karena cara aplikasinya. Perlu kita perhatikan kalau tidak semua produk rambut digunakan pada akar rambut.  Misalnya produk berbahan dasar krim atau oil, fokuskan saja pada bagian ujung rambut. Produk perawatan seperti kondisioner juga sebaiknya digunakan dari tengah sampai ujung rambut saja untuk mencegah rambut lepek dan berminyak.

Baca Juga:
  1. Inilah Daftar 7 Lautan Paling Beracun di Dunia
  2. 5 Cara Merawat Pisau Anda Agar Awet dan Tahan Lama

5. Mencuci Rambut Sehari Sua Kali

Keramas terlalu sering bisa justru mengganggu kondisi kesehatan rambut Anda. Rambut membutuhkan waktu untuk memproduksi minyak yang berfungsi untuk memberikan kilau dan kelembapan. Kalau terlalu sering mencuci rambut justru menghilangkan manfaatnya. Kalau Anda memiliki tipe rambut berminyak, usahakan untuk setidaknya beri jeda paling tidak 1-2 hari.

6. Menggunakan Alat Styling Saat Rambut Dalam Keadaan Basah

Wah, yang ini benar-benar tidak disarankan dan jangan sampai Anda lakukan atau ulangi. Nggak hanya bisa membuat rambut rusak secara instan, kondisi rambut yang basah juga bisa merusak alat styling Anda. Tunggu rambut paling tidak sudah dalam keadaan 80% kering, lalu baru tata dengan alat styling sesuai gaya rambut yang diinginkan. Jangan lupa aplikasikan produk yang mampu memproteksi rambut terlebih dulu agar kesehatan rambut semakin terjaga. (diahanggra, vemale.com)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.